Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang model pendidikan abad 21 yang berfokus pada pengembangan keterampilan belajar dan inovasi, keterampilan hidup, serta kemampuan dalam penggunaan teknologi dan media informasi. Model pendidikan yang diusulkan dalam buku ini adalah *Integrated Laboratory Work* (ILW), yang merupakan pendekatan pembelajaran berbasis laboratorium yang terintegrasi. Model ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa calon guru dalam berpikir kritis, pemecahan masalah, komunikasi, kreativitas, kolaborasi, dan pengolahan informasi. Selain itu, buku ini juga menyoroti pentingnya sikap ilmiah, self-regulation learning, dan penguasaan IT sebagai bagian dari kompetensi yang dibutuhkan dalam konteks pembelajaran modern. Buku ini terdiri dari empat bab yang meliputi latar belakang, pembelajaran berbasis lab, model *Integrated Laboratory Work*, dan teknik evaluasi. Di dalamnya disajikan teori pendukung seperti teori Bloom, Vygotsky, Marzano, dan Bruner, serta tahapan pembelajaran berbasis laboratorium yang dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Lampiran buku ini juga berisi contoh format mengajar dan instrumen evaluasi yang dapat digunakan oleh pengguna. Buku ini menjadi acuan untuk pengembangan kurikulum, standar penilaian, serta lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran abad 21.
Buku ini disusun dalam 4 bab meliputi latar belakang pembelajaran berbasis lab model integrated lab dan teknik evaluasi Bagian lampiran berisi contoh format mengajar dan instrumen evaluasi Kajian ini dapat dilanjutkan melalui riset untuk membuktikan teori dan menginisiasi pengembangan model lainnya
Jumlah Halaman | 80 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-329-405-8 |
eISBN | proses |