Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran dan penilaian sejarah yang berbasis web, dengan fokus pada pengembangan model penilaian yang berorientasi pada kesadaran sejarah (Historical Consciousness). Buku ini ditujukan sebagai rujukan bagi para guru sejarah dalam merancang dan melaksanakan penilaian sejarah yang lebih efektif, terutama dalam meningkatkan kesadaran sejarah siswa yang selama ini masih kurang mendapat perhatian. Dalam buku ini, dibahas berbagai pendekatan dalam pembelajaran sejarah, termasuk pendekatan sosiologis, konteks pembelajaran sejarah, serta pembelajaran sejarah lokal yang dapat memperkaya pemahaman siswa terhadap identitas nasional dan lokal. Selain itu, buku ini juga menyajikan rethinking penilaian sejarah melalui kognisi, pengamatan, dan interpretasi, serta bagaimana penggunaan sumber belajar yang berasal dari internet dapat memotivasi siswa dalam belajar sejarah. Buku ini juga menyediakan instrumen penilaian berbasis nilai sejarah dan panduan penggunaan web Historista.id sebagai alat penilaian. Dengan pendekatan yang kontekstual dan berbasis teknologi, buku ini memberikan solusi inovatif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan kualitas penilaian sejarah di era digital.
Buku ini dapat diselesaikan melaui bantuan berbagaipihak Oleh karena itu kam ingin menyampaikan terima kasih kepada pihak piha terkait antara lain Lembaga Pengelola Dana Pendidikan LPDP Direktur dan staf PPs UNY Kaprodi S 3 PEP Bapak Ibu Kepala SMA dan guru sejarah yang terlibat dalam uji model penilaian yang kami kembangkan dan segenap teman teman mahasiswa PEP PPs UNY angkatan 2016 yang telah memberikan semangat dan dukungan
Jumlah Halaman | 112 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Nuta Media |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6040-52-2 |
eISBN | proses |