Logo Bacabuku
Model pengukuran kinerja sekolah menengah kejuruan (SMK) berbasis balance scorecard

Model pengukuran kinerja sekolah menengah kejuruan (SMK) berbasis balance scorecard

Desmi Irianti
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengukuran kinerja sekolah, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan secara sistematis, holistik, dan berkelanjutan. Buku ini dimulai dengan pendahuluan yang menjelaskan rasional, konsep dasar, tujuan, dan manfaat pengukuran kinerja sekolah. Selanjutnya, buku ini menjelaskan landasan filosofis dan teoritis dari pengukuran kinerja SMK, serta menguraikan pentingnya model pengukuran kinerja berbasis *Balance Scorecard* (BSC) dalam menciptakan sistem penilaian yang komprehensif. Dalam Bab II, buku ini menyajikan model pengukuran kinerja SMK berbasis BSC, yang terdiri dari empat perspektif utama: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran serta pertumbuhan. Setiap perspektif dijelaskan secara mendetail, termasuk cara pengukuran, penskoran, dan analisis SWOT untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan SMK. Buku ini juga menyediakan panduan pengisian format pengukuran kinerja sekolah dan sistem skala penskoran yang digunakan dalam evaluasi. Dengan pendekatan yang terstruktur dan berbasis teori, buku ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis bagi sekolah, khususnya SMK, dalam melakukan evaluasi kinerja secara efektif dan berkelanjutan, serta mendorong terbentuknya budaya mutu yang kuat di lingkungan pendidikan.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengukuran kinerja sekolah, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan secara sistematis, holistik, dan berkelanjutan. Buku ini dimulai dengan pendahuluan yang menjelaskan rasional, konsep dasar, tujuan, dan manfaat pengukuran kinerja sekolah. Selanjutnya, buku ini menjelaskan landasan filosofis dan teoritis dari pengukuran kinerja SMK, serta menguraikan pentingnya model pengukuran kinerja berbasis *Balance Scorecard* (BSC) dalam menciptakan sistem penilaian yang komprehensif. Dalam Bab II, buku ini menyajikan model pengukuran kinerja SMK berbasis BSC, yang terdiri dari empat perspektif utama: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran serta pertumbuhan. Setiap perspektif dijelaskan secara mendetail, termasuk cara pengukuran, penskoran, dan analisis SWOT untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan SMK. Buku ini juga menyediakan panduan pengisian format pengukuran kinerja sekolah dan sistem skala penskoran yang digunakan dalam evaluasi. Dengan pendekatan yang terstruktur dan berbasis teori, buku ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis bagi sekolah, khususnya SMK, dalam melakukan evaluasi kinerja secara efektif dan berkelanjutan, serta mendorong terbentuknya budaya mutu yang kuat di lingkungan pendidikan.

Detail Buku

Jumlah Halaman 84
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2019
ISBN 978-623-217-698-0
eISBN
Model pengukuran kinerja sekolah menengah kejuruan (SMK) berbasis balance scorecard

Model pengukuran kinerja sekolah menengah kejuruan (SMK) berbasis balance scorecard

Desmi Irianti