Secara umum kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisi model pengelolaan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Model pengelolaan guru dilakukan melalui tahapan kegiatan yaitu analisis kebutuhan rekrutmen seleksi orientasi dan pembekalan penugasan invevice training pembinaan dan penilaian sedangkan kinerja guru diukur dan dinilai melalui kegiatan supervisi aktivitas akademik dan non akademik satu kali dalam setiap semester perencanaan program pembelajaran dilaksanakan diawal tahun pembelajaran melalui kegiatan raker guru Secara umum kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisi model pengelolaan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Model pengelolaan guru dilakukan melalui tahapan kegiatan yaitu analisis kebutuhan rekrutmen seleksi orientasi dan pembekalan penugasan invevice training pembinaan dan penilaian sedangkan kinerja guru diukur dan dinilai melalui kegiatan supervisi aktivitas akademik ...dan non akademik satu kali dalam setiap semester perencanaan program pembelajaran dilaksanakan diawal tahun pembelajaran melalui kegiatan raker guru