Logo Bacabuku
Model pendidikan pesantren salafi

Model pendidikan pesantren salafi

Dr. Kholis Tohir, MA
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dasar pondok pesantren, kurikulum, dan sistem pembelajaran dalam konteks pendidikan Islam di Indonesia. Dalam buku ini, dibahas secara mendalam tentang hakikat pondok pesantren, pola-pola yang ada dalam pesantren, serta elemen-elemen yang menyusun sistem pendidikan pesantren. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang hakikat kurikulum, komponen-komponen kurikulum, peran dan fungsi kurikulum dalam pendidikan Islam, serta prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Dalam bab tersendiri, buku ini juga mengupas tentang model pendidikan pesantren salafi, khususnya yang dikembangkan oleh Dr. Kholis Tohir, MA. Model ini menekankan pada pengajaran kitab-kitab Islam klasik sebagai inti dari pendidikan pesantren tradisional. Buku ini menjelaskan tentang posisi sentral kurikulum dalam sistem pendidikan pesantren, desain kurikulum yang relevan, dan pelaksanaannya dalam konteks nyata. Selain itu, buku ini juga menyajikan sistem pembelajaran yang diterapkan dalam pesantren, termasuk ciri-ciri sistem pembelajaran pesantren yang terkenal dengan metode sorogan dan bandongan. Buku ini merupakan referensi yang sangat penting bagi pemangku kepentingan pendidikan Islam, baik dalam pengembangan kurikulum, sistem pembelajaran, maupun pengelolaan pesantren dalam konteks modern. Buku ini dilengkapi dengan penjelasan mengenai sanksi hukum terkait pelanggaran hak cipta, yang menjadi bagian dari pengelolaan konten pendidikan dalam pesantren. Dengan demikian, buku ini tidak hanya memberikan wawasan tentang pendidikan Islam secara akademis, tetapi juga memberikan panduan praktis dalam implementasi pendidikan di lingkungan pesantren.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dasar pondok pesantren, kurikulum, dan sistem pembelajaran dalam konteks pendidikan Islam di Indonesia. Dalam buku ini, dibahas secara mendalam tentang hakikat pondok pesantren, pola-pola yang ada dalam pesantren, serta elemen-elemen yang menyusun sistem pendidikan pesantren. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang hakikat kurikulum, komponen-komponen kurikulum, peran dan fungsi kurikulum dalam pendidikan Islam, serta prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Dalam bab tersendiri, buku ini juga mengupas tentang model pendidikan pesantren salafi, khususnya yang dikembangkan oleh Dr. Kholis Tohir, MA. Model ini menekankan pada pengajaran kitab-kitab Islam klasik sebagai inti dari pendidikan pesantren tradisional. Buku ini menjelaskan tentang posisi sentral kurikulum dalam sistem pendidikan pesantren, desain kurikulum yang relevan, dan pelaksanaannya dalam konteks nyata. Selain itu, buku ini juga menyajikan sistem pembelajaran yang diterapkan dalam pesantren, termasuk ciri-ciri sistem pembelajaran pesantren yang terkenal dengan metode sorogan dan bandongan. Buku ini merupakan referensi yang sangat penting bagi pemangku kepentingan pendidikan Islam, baik dalam pengembangan kurikulum, sistem pembelajaran, maupun pengelolaan pesantren dalam konteks modern. Buku ini dilengkapi dengan penjelasan mengenai sanksi hukum terkait pelanggaran hak cipta, yang menjadi bagian dari pengelolaan konten pendidikan dalam pesantren. Dengan demikian, buku ini tidak hanya memberikan wawasan tentang pendidikan Islam secara akademis, tetapi juga memberikan panduan praktis dalam implementasi pendidikan di lingkungan pesantren.

Detail Buku

Jumlah Halaman 155
Kategori Pendidikan
Penerbit Scopindo Media Pustaka
Tahun Terbit 2020
ISBN 978-623-7729-77-8
eISBN 978-623-7729-76-1
Model pendidikan pesantren salafi

Model pendidikan pesantren salafi

Dr. Kholis Tohir, MA