Sinopsis Buku: Buku ini berjudul *Model Pendidikan Karakter Menuju Entrepreneurial University di Universitas Brawijaya*, yang ditulis oleh Hendrawan Soetanto, Aulanni’am, Bambang Guritno, dan Bambang Suharto. Buku ini merupakan upaya untuk merangkum dan menelaah pengembangan pendidikan karakter yang telah dilaksanakan di Universitas Brawijaya (UB) selama ini. Penulis menekankan bahwa pendidikan karakter bukan hanya sekadar penanaman nilai-nilai moral, tetapi juga merupakan upaya pembentukan watak yang mampu menghadapi tantangan kehidupan yang kompleks dan tidak terduga. Dalam konteks pendidikan tinggi, penulis mengungkapkan bahwa kecerdasan intelektual semata tidak cukup untuk menghadapi dunia pasca sekolah yang seringkali ganas dan tidak terprediksi. Dalam situasi seperti ini, karakter mulia menjadi penyelemat yang mampu membimbing individu keluar dari kesulitan hidup. Karakter mulia dijelaskan sebagai wujud dari kepatuhan terhadap Tuhan, ketangguhan dalam menghadapi kesulitan, kreativitas dalam menemukan solusi, dan cinta kasih terhadap sesama manusia. Buku ini juga membahas konsep APEL sebagai nilai-nilai karakter yang dikembangkan di UB, yaitu *Agamis, Pintar, Peduli, Entrepreneurship, Lembut, Lugas, dan Luwes*. APEL ini tidak hanya menjadi akronim, tetapi juga sebagai ciri khas wilayah Kota Batu dan Kabupaten Malang, tempat berdirinya Universitas Brawijaya. Penulis berharap APEL dapat menjadi icon baru yang membuat UB lebih dikenal di tingkat internasional. Selain itu, buku ini juga menyadari bahwa pengembangan pendidikan karakter memerlukan perenungan mendalam dan pengalaman empiris yang dapat menjadi pelita bagi kegelapan dunia akademik. Penulis menyampaikan terbuka terhadap kritik dan saran yang dapat dikirimkan melalui e-mail: hendrawan07@ub.ac.id. Buku ini merupakan hasil karya ilmiah yang dirancang untuk menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan karakter di berbagai lingkungan sesuai dengan situasi dan kondisi yang relevan. Buku ini juga menyertakan informasi terkait hak cipta dan sanksi pelanggaran, serta informasi penerbit dan kontak yang dapat diakses untuk konsultasi lebih lanjut.
Pendidikan Karakter Bangsa di Perguruan Tinggi Indonesia mengalami pasang surut seiring dengan perkembangan zaman Semakin maraknya perilaku masyarakat akademis yang masih banyak melakukan muslihat kekerasan maupun pudarnya toleransi dalam kehidupan sehari hari menjadi contoh nyata pentingnya untuk melakukan revitalisasi pendidikan karakter dalam ragkah menghasilkan sumberdaya manusia berkualitas jujur cerdas tangguh dan peduli yang diharapkan akan mampu melaksanakan komitmen secara total terhadap empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila UUD 1945 NKRI dan Bhineka Tunggal Ika Buku ini ditulis oleh Tim universitas Brawijaya sebagai acuan best practises bagi siapa saja tentang pelaksanaan pendidikan karakter di Universitas Brawijaya khususnya dalam rangka mewujudkan visi dan misinya menjadi world class entrepreneurial university