Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif terkait model pendidikan dan pelatihan (Diklat) berkelanjutan bagi guru bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Buku ini dirancang untuk memberikan informasi yang mendukung peningkatan kompetensi pedagogi dan keahlian guru TIK, sesuai dengan standar yang berlaku. Buku ini juga memberikan gambaran mengenai indikator pencapaian kompetensi, serta menguraikan struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran TIK. Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama, di antaranya meliputi konsep Diklat Berbasis Kompetensi, kelompok kompetensi (KK) keahlian, dan modul-modul yang meliputi karakteristik peserta didik, pengembangan kreativitas peserta didik, teori dan prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, pengembangan perangkat pembelajaran, penerapan TIK dalam pembelajaran, serta komunikasi pembelajaran. Selain itu, buku ini juga memberikan panduan bagi para guru, widyaiswara, dan lembaga penyelenggara diklat dalam melakukan analisis kebutuhan, perencanaan, perumusan, serta pelaksanaan pelatihan yang berkelanjutan. Buku ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan kapasitas guru TIK di SMK, sejalan dengan visi pembelajaran abad ke-21 yang menekankan pada penguasaan teknologi dan keterampilan berpikir kritis.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif terkait model pendidikan dan pelatihan (Diklat) berkelanjutan bagi guru bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Buku ini dirancang untuk memberikan informasi yang mendukung peningkatan kompetensi pedagogi dan keahlian guru TIK, sesuai dengan standar yang berlaku. Buku ini juga memberikan gambaran mengenai indikator pencapaian kompetensi, serta menguraikan struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran TIK. Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama, di antaranya meliputi konsep Diklat Berbasis Kompetensi, kelompok kompetensi (KK) keahlian, dan modul-modul yang meliputi karakteristik peserta didik, pengembangan kreativitas peserta didik, teori dan prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, pengembangan perangkat pembelajaran, penerapan TIK dalam pembelajaran, serta komunikasi pembelajaran. Selain itu, buku ini juga memberikan panduan bagi para guru, widyaiswara, dan lembaga penyelenggara diklat dalam melakukan analisis kebutuhan, perencanaan, perumusan, serta pelaksanaan pelatihan yang berkelanjutan. Buku ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan kapasitas guru TIK di SMK, sejalan dengan visi pembelajaran abad ke-21 yang menekankan pada penguasaan teknologi dan keterampilan berpikir kritis.
Jumlah Halaman | 88 |
---|---|
Kategori | Novel |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-217-151-0 |
eISBN |