Pembelajaran abad 21 kita diperhadapkan dengan fenomena yang ada di lingkungan sekitar kita seperti informasi yang selalu up to date Informasi yang beredar di sekeliling kita kita mengetahuinya melalui berbagai alat alat canggih yang diciptakan karena kemajuan teknologi Pernahkah kita membayangkan jika kita tidak mengalami perubahan dan bahkan selalu sama Rasanya hampir tidak pernah kita lupa pada hal hal kecil yang membuat kita tegak berdiri seperti sekarang ini Kehidupan yang serba cepat membuat kita dituntut untuk berpikir out of the box Apa sebenarnya yang terjadi Apakah kita hanya akan terus menerus mengikuti tradisi leluhur dan nenek moyang kita Tentunya tidak Kita perlu melakukan perubahan tidak hanya dari pribadi kita sendiri tapi juga harus diikuti dengan waktu bahwa perubahan dimulai dari saat ini Nah apa kaitannya dengan pembelajaran Bagaimana pembelajaran di abad 21 Sudah kah kita melaksanakan pembelajaran yang diinginkan oleh keterampilan abad 21 Sebelum menjawab hal tersebut kita harus mengetahui karakter anak abad 21 Karakter anak berkembang sesuai dengan zamannya Nah bagaimana dengan karakter anak abad 21 Berdasarkan hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa anak pada abad 21 memiliki karakteristik yang berbeda dengan sebelum abad 21 Satrianawati artikel Majalah Nova 2016 menyatakan bahwa karakter anak saat ini adalah memahami bahwa uang dan ketiadaan uang adalah suatu keburukan bagi mereka materialistik peka terhadap kondisi keluarga mereka terutama tentang keadaan ekonomi keluarga litera senang mendapat pujian sehingga banyak melakukan kegiatan yang over dihadapan orang banyak hiperaktif dalam kategori baik senang mengamati pekerjaan orang lain sehingga mendapatkan informasi baru untuk memberikan inovasi baru inovator dan mahir dengan teknologi dan kegunaan utama teknologi seperti handphone Pembelajaran abad 21 kita diperhadapkan dengan fenomena yang ada di lingkungan sekitar kita seperti informasi yang selalu up to date Informasi yang beredar di sekeliling kita kita mengetahuinya melalui berbagai alat alat canggih yang diciptakan karena kemajuan teknologi Pernahkah kita membayangkan jika kita tidak mengalami perubahan dan bahkan selalu sama Rasanya ...hampir tidak pernah kita lupa pada hal hal kecil yang membuat kita tegak berdiri seperti sekarang ini Kehidupan yang serba cepat membuat kita dituntut untuk berpikir out of the box Apa sebenarnya yang terjadi Apakah kita hanya akan terus menerus mengikuti tradisi leluhur dan nenek moyang kita Tentunya tidak Kita perlu melakukan perubahan tidak hanya dari pribadi kita sendiri tapi juga harus diikuti dengan waktu bahwa perubahan dimulai dari saat ini Nah apa kaitannya dengan pembelajaran Bagaimana pembelajaran di abad 21 Sudah kah kita melaksanakan pembelajaran yang diinginkan oleh keterampilan abad 21 Sebelum menjawab hal tersebut kita harus mengetahui karakter anak abad 21 Karakter anak berkembang sesuai dengan zamannya Nah bagaimana dengan karakter anak abad 21 Berdasarkan hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa anak pada abad 21 memiliki karakteristik yang berbeda dengan sebelum abad 21 Satrianawati artikel Majalah Nova 2016 menyatakan bahwa karakter anak saat ini adalah memahami bahwa uang dan ketiadaan uang adalah suatu keburukan bagi mereka materialistik peka terhadap kondisi keluarga mereka terutama tentang keadaan ekonomi keluarga litera senang mendapat pujian sehingga banyak melakukan kegiatan yang over dihadapan orang banyak hiperaktif dalam kategori baik senang mengamati pekerjaan orang lain sehingga mendapatkan informasi baru untuk memberikan inovasi baru inovator dan mahir dengan teknologi dan kegunaan utama teknologi seperti handphone