Sinopsis Buku: Buku ini menghadirkan model pembelajaran ROSIDAH sebagai salah satu alternatif inovatif yang dapat digunakan oleh guru dalam upaya meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa. Model pembelajaran ini merupakan modifikasi dari model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction), yang dikembangkan oleh Keller dan Kopp sebagai jawaban atas pertanyaan bagaimana merancang pembelajaran yang mampu memengaruhi motivasi berprestasi dan hasil belajar. Model ROSIDAH diadaptasi berdasarkan teori nilai harapan (expectancy value theory), yang mengandung dua komponen utama, yaitu nilai (value) dari tujuan yang akan dicapai dan harapan (expectancy) terhadap kemampuan untuk mencapai tujuan tersebut. Model ROSIDAH dirancang untuk memastikan kegiatan pembelajaran dekat dan relevan dengan kehidupan siswa, dengan mengumpulkan materi yang penting dan menyederhanakan penjelasannya. Selain itu, model ini bertujuan untuk menarik dan memelihara minat serta perhatian siswa, serta menyampaikan materi secara efektif dan mengevaluasi hasil belajar. Evaluasi yang dilakukan dilanjutkan dengan pemberian hadiah atau penghargaan sebagai bentuk apresiasi terhadap hasil yang telah dicapai. Dengan mengambil huruf awal dari setiap komponen dalam model tersebut, diperoleh akronim ROSIDAH, yang menjadi dasar penamaan model pembelajaran ini. Model ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang lebih efektif, interaktif, dan berorientasi pada peningkatan kualitas belajar siswa.
Model pembelajaran ROSIDAH merupakan modifikasi dari model ARCS yang dikembangkan menjadi model ARIAS Model ARCS Attention Relevance Confidence Satisfaction dikembangkan oleh Keller dan Kopp sebagai jawaban pertanyaan bagaimana merancang pembelajaran yang dapat mempengaruhi motivasi berprestasi dan hasil belajar 32Model pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan teori nilai harapan expectancy value theory yang mengandung dua komponen yaitu nilai value dari tujuan yang akan dicapai dan harapan expectancy agar berhasil mencapai tujuan itu Dari dua komponen tersebut oleh Keller dikembangkan menjadi empat komponen Keempat komponen model pembelajaran itu adalah attention relevance confidence dan satisfaction dengan akronim ARCS
Jumlah Halaman | 64 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-7743-77-4 |
eISBN | proses |