Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang Model Pembelajaran RINA (*Response Impulse Natural Attention*), sebuah pendekatan pembelajaran yang dirancang khusus untuk anak usia dini. Model ini bertujuan untuk membantu pengembangan potensi anak secara optimal, baik secara fisik maupun psikis, dengan memberikan rangsangan, motivasi, dan dorongan yang tepat dari orang dewasa. Buku ini menjelaskan secara komprehensif tentang konsep, sintaks, manfaat, dan landasan teori dari Model Pembelajaran RINA. Landasan teori yang digunakan mencakup teori *Construktivisme* (Vygotsky), *Discovery Learning* (J. Brunner), dan pendekatan *Among* (Ki Hadjar Dewantara). Selain itu, buku ini juga menjelaskan karakteristik, keunggulan, prinsip, serta langkah-langkah pengembangan model ini, mulai dari persiapan, pelaksanaan, penilaian, hingga tindak lanjut. Model Pembelajaran RINA diterapkan dalam lingkungan pendidikan anak usia dini, dengan harapan dapat memfasilitasi anak dalam berinteraksi sosial, mengembangkan kemandirian, dan membangun kebiasaan belajar yang positif. Buku ini menjadi panduan yang sangat bermanfaat bagi para pendidik, orang tua, dan calon pendidik yang ingin memperkaya metode pembelajaran untuk anak usia dini.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang Model Pembelajaran RINA (*Response Impulse Natural Attention*), sebuah pendekatan pembelajaran yang dirancang khusus untuk anak usia dini. Model ini bertujuan untuk membantu pengembangan potensi anak secara optimal, baik secara fisik maupun psikis, dengan memberikan rangsangan, motivasi, dan dorongan yang tepat dari orang dewasa. Buku ini menjelaskan secara komprehensif tentang konsep, sintaks, manfaat, dan landasan teori dari Model Pembelajaran RINA. Landasan teori yang digunakan mencakup teori *Construktivisme* (Vygotsky), *Discovery Learning* (J. Brunner), dan pendekatan *Among* (Ki Hadjar Dewantara). Selain itu, buku ini juga menjelaskan karakteristik, keunggulan, prinsip, serta langkah-langkah pengembangan model ini, mulai dari persiapan, pelaksanaan, penilaian, hingga tindak lanjut. Model Pembelajaran RINA diterapkan dalam lingkungan pendidikan anak usia dini, dengan harapan dapat memfasilitasi anak dalam berinteraksi sosial, mengembangkan kemandirian, dan membangun kebiasaan belajar yang positif. Buku ini menjadi panduan yang sangat bermanfaat bagi para pendidik, orang tua, dan calon pendidik yang ingin memperkaya metode pembelajaran untuk anak usia dini.
Jumlah Halaman | 70 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | PT. Mediaguru Digital Indonesia |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-5946-16-5 |
eISBN |