Sinopsis Buku: Buku ini membahas model pembelajaran *Proltape*, yaitu pendekatan *Problem Based Learning* (PBL) yang diperkaya dengan metode *bertamu dalam penyajian analisis*. Model ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada siswa, khususnya dalam bidang ekonomi. Dalam pembelajaran berbasis masalah, siswa tidak hanya mempelajari konsep melalui teori, tetapi juga diwajibkan untuk menganalisis masalah secara mendalam, menyajikan hasil analisisnya, dan berdiskusi dengan rekan sejawat. Proses belajar mengajar berlangsung secara interaktif dan kolaboratif, yang melibatkan siswa secara aktif dalam menggali pengetahuan dan mengaplikasikannya dalam konteks nyata. Buku ini juga menjelaskan tantangan yang sering dihadapi siswa dalam pembelajaran ekonomi, khususnya dalam menganalisis dan menyajikan hasil analisis. Diantaranya, siswa sering merasa sulit untuk memahami konsep yang abstrak, merasa minder dalam menyampaikan hasil analisis, dan kurang terbiasa dengan tugas yang memerlukan pemecahan masalah kritis. Untuk mengatasi hal tersebut, buku ini memberikan strategi dan pendekatan pembelajaran yang terstruktur, berbasis masalah, dan berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan analitis. Selain itu, buku ini juga menjelaskan hasil penelitian yang dilakukan dalam beberapa siklus, mulai dari prasiklus hingga siklus II, yang menunjukkan perkembangan kemampuan siswa setelah menerapkan model *Proltape*. Dalam bab terakhir, buku ini juga membahas keberlanjutan model pembelajaran *Proltape* dalam konteks pembelajaran ekonomi, serta manfaat yang diperoleh oleh siswa dan guru setelah menerapkannya di kelas. Buku ini merupakan panduan praktis bagi guru ekonomi yang ingin mengembangkan metode pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan kualitas belajar siswa, sekaligus memenuhi standar kompetensi pembelajaran berbasis HOTS.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas model pembelajaran *Proltape*, yaitu pendekatan *Problem Based Learning* (PBL) yang diperkaya dengan metode *bertamu dalam penyajian analisis*. Model ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada siswa, khususnya dalam bidang ekonomi. Dalam pembelajaran berbasis masalah, siswa tidak hanya mempelajari konsep melalui teori, tetapi juga diwajibkan untuk menganalisis masalah secara mendalam, menyajikan hasil analisisnya, dan berdiskusi dengan rekan sejawat. Proses belajar mengajar berlangsung secara interaktif dan kolaboratif, yang melibatkan siswa secara aktif dalam menggali pengetahuan dan mengaplikasikannya dalam konteks nyata. Buku ini juga menjelaskan tantangan yang sering dihadapi siswa dalam pembelajaran ekonomi, khususnya dalam menganalisis dan menyajikan hasil analisis. Diantaranya, siswa sering merasa sulit untuk memahami konsep yang abstrak, merasa minder dalam menyampaikan hasil analisis, dan kurang terbiasa dengan tugas yang memerlukan pemecahan masalah kritis. Untuk mengatasi hal tersebut, buku ini memberikan strategi dan pendekatan pembelajaran yang terstruktur, berbasis masalah, dan berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan analitis. Selain itu, buku ini juga menjelaskan hasil penelitian yang dilakukan dalam beberapa siklus, mulai dari prasiklus hingga siklus II, yang menunjukkan perkembangan kemampuan siswa setelah menerapkan model *Proltape*. Dalam bab terakhir, buku ini juga membahas keberlanjutan model pembelajaran *Proltape* dalam konteks pembelajaran ekonomi, serta manfaat yang diperoleh oleh siswa dan guru setelah menerapkannya di kelas. Buku ini merupakan panduan praktis bagi guru ekonomi yang ingin mengembangkan metode pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan kualitas belajar siswa, sekaligus memenuhi standar kompetensi pembelajaran berbasis HOTS.
Jumlah Halaman | 88 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-272-388-7 |
eISBN |