Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Model Pembelajaran Problem Posing and Solving* yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pelajaran matematika. Model ini berfokus pada proses pembelajaran yang melibatkan siswa dalam merumuskan masalah (problem posing) dan menyelesaikannya (problem solving), sehingga mendorong perkembangan berpikir kritis, kreatif, dan analitis. Dalam buku ini, disampaikan empat langkah utama dalam pemecahan masalah menurut Polya, yaitu: (1) pemahaman terhadap permasalahan, (2) perencanaan penyelesaian, (3) pelaksanaan perencanaan, dan (4) pemeriksaan kembali hasil penyelesaian. Selain itu, buku ini juga menjelaskan langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran PPS, termasuk penilaian proses dan prototipe model dalam bentuk soal cerita yang diterapkan pada materi Pythagoras. Buku ini ditujukan untuk para pendidik dan calon pendidik yang ingin mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dengan pendekatan yang berbasis masalah, buku ini berharap dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan ilmu pendidikan secara umum.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Model Pembelajaran Problem Posing and Solving* yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pelajaran matematika. Model ini berfokus pada proses pembelajaran yang melibatkan siswa dalam merumuskan masalah (problem posing) dan menyelesaikannya (problem solving), sehingga mendorong perkembangan berpikir kritis, kreatif, dan analitis. Dalam buku ini, disampaikan empat langkah utama dalam pemecahan masalah menurut Polya, yaitu: (1) pemahaman terhadap permasalahan, (2) perencanaan penyelesaian, (3) pelaksanaan perencanaan, dan (4) pemeriksaan kembali hasil penyelesaian. Selain itu, buku ini juga menjelaskan langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran PPS, termasuk penilaian proses dan prototipe model dalam bentuk soal cerita yang diterapkan pada materi Pythagoras. Buku ini ditujukan untuk para pendidik dan calon pendidik yang ingin mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dengan pendekatan yang berbasis masalah, buku ini berharap dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan ilmu pendidikan secara umum.
Jumlah Halaman | 154 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV JEJAK |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-474-429-8 |
eISBN | 978-602-474-430-4 |