Logo Bacabuku
Model Pembelajaran PME (Planning - Monitoring – Evaluating)

Model Pembelajaran PME (Planning - Monitoring – Evaluating)

Ihdi Amin, dkk
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini menjelaskan secara rinci tentang *Model Pembelajaran PME (Planning – Monitoring – Evaluating)* yang dirancang untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran dalam kelas. Model ini berfokus pada tiga tahap utama: *Planning* (Perencanaan), *Monitoring* (Pemantauan), dan *Evaluating* (Penilaian), yang merupakan komponen kunci dalam memastikan kegiatan pembelajaran berjalan secara terstruktur, relevan, dan berkelanjutan. Buku ini juga membahas berbagai kriteria pembelajaran yang dirumuskan oleh Schunk (2012), seperti perubahan perilaku yang berkelanjutan, pengalaman belajar yang bermakna, serta struktur pelajaran yang jelas dan terarah. Selain itu, buku ini merujuk pada elemen-elemen pengajaran yang efektif menurut Muijs dan Reynolds (2008), termasuk penyampaian materi yang tepat waktu, penggunaan model pembelajaran yang mendorong siswa menjadi pembelajar mandiri, serta penerapan metakognitif, konstruktivis, dan pemecahan masalah sebagai strategi pembelajaran yang efektif. Dalam konteks Kurikulum 2013, buku ini menekankan pentingnya pengalaman belajar yang bervariasi untuk mengembangkan potensi, bakat, dan minat siswa, serta meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Buku ini juga menyajikan skenario dan alur proses pembelajaran PME, serta kerangka dasar pengembangan model tersebut, sebagai panduan praktis bagi para guru dan pengambil kebijakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di Indonesia. Dengan pendekatan yang komprehensif dan berbasis bukti, buku ini menjadi referensi yang relevan untuk pendidik yang ingin memperkaya metode pengajaran dan meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini menjelaskan secara rinci tentang *Model Pembelajaran PME (Planning – Monitoring – Evaluating)* yang dirancang untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran dalam kelas. Model ini berfokus pada tiga tahap utama: *Planning* (Perencanaan), *Monitoring* (Pemantauan), dan *Evaluating* (Penilaian), yang merupakan komponen kunci dalam memastikan kegiatan pembelajaran berjalan secara terstruktur, relevan, dan berkelanjutan. Buku ini juga membahas berbagai kriteria pembelajaran yang dirumuskan oleh Schunk (2012), seperti perubahan perilaku yang berkelanjutan, pengalaman belajar yang bermakna, serta struktur pelajaran yang jelas dan terarah. Selain itu, buku ini merujuk pada elemen-elemen pengajaran yang efektif menurut Muijs dan Reynolds (2008), termasuk penyampaian materi yang tepat waktu, penggunaan model pembelajaran yang mendorong siswa menjadi pembelajar mandiri, serta penerapan metakognitif, konstruktivis, dan pemecahan masalah sebagai strategi pembelajaran yang efektif. Dalam konteks Kurikulum 2013, buku ini menekankan pentingnya pengalaman belajar yang bervariasi untuk mengembangkan potensi, bakat, dan minat siswa, serta meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Buku ini juga menyajikan skenario dan alur proses pembelajaran PME, serta kerangka dasar pengembangan model tersebut, sebagai panduan praktis bagi para guru dan pengambil kebijakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di Indonesia. Dengan pendekatan yang komprehensif dan berbasis bukti, buku ini menjadi referensi yang relevan untuk pendidik yang ingin memperkaya metode pengajaran dan meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas.

Detail Buku

Jumlah Halaman 88
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2018
ISBN 978-602-468-148-7
eISBN
Model Pembelajaran PME (Planning - Monitoring – Evaluating)

Model Pembelajaran PME (Planning - Monitoring – Evaluating)

Ihdi Amin, dkk