Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penerapan model pembelajaran *Picture and Picture* dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Model pembelajaran ini merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang memanfaatkan media gambar untuk memfasilitasi proses belajar-mengajar yang lebih menarik dan interaktif. Buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh penulis, yaitu *Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Usaha Persiapan Kemerdekaan Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Picture and Picture Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kroya Tahun Pelajaran 2014/2015*. Dalam buku ini dijelaskan secara rinci tentang konsep hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, dan khususnya model pembelajaran *Picture and Picture*. Selain itu, buku ini juga menyajikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran *Picture and Picture* dalam pembelajaran IPS khususnya pada materi *Persiapan Kemerdekaan*. Penulis menyajikan buku ini sebagai upaya pengembangan profesional guru dalam menciptakan inovasi pembelajaran yang lebih efektif, menarik, dan mampu meningkatkan partisipasi serta perhatian siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Buku ini diharapkan menjadi referensi dan inspirasi bagi para guru dalam merancang dan menerapkan pembelajaran yang lebih baik di kelas.
Pemanfaatan gambar picture dalam pembelajaran sebagai media interaksi antara guru dengan peserta didik menjadikan kegiatan belajar tidak monoton dan hambar Pada usia jenjang SMP gambar masih menjadi daya ungkit dalam memotivasi peserta didik untuk dapat terlibat secara intens dalam pembelajaran Mata pelajaran IPS yang menurut banyak pihak merupakan jenis mata pelajaran yang tidak disukai dan membosankan memerlukan trik dan solusi jitu mematahkan mindset tersebut Guru IPS dituntut selalu berkreasi berinovasi agar pembelajaran yang dibawakan menjadi menarik dan ditunggu tunggu kehadirannya Buku ini memberikan referensi bagi Ibu Bapak Guru untuk dapat memanfaatkan potensi sekitar rumah dan sekolah agar membuat pembelajaran yang inspiratif dengan menggunakan media gambar
Jumlah Halaman | 79 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-7943-10-5 |
eISBN |