Logo Bacabuku
Model pembelajaran LCI, pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad 21

Model pembelajaran LCI, pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad 21

Yulia Eka Yanti, M.Pd.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang Model Pembelajaran LCI (Learning Cycle-Inquiry) sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang dirancang untuk memperkuat pengembangan keterampilan abad 21 pada mahasiswa PGSD. Model LCI merupakan hasil dari penelitian dan pengembangan berbasis R&D yang dilakukan oleh penulis, dengan dukungan dari berbagai pihak terkait, termasuk Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) melalui BUDI-DN dan PGSD Universitas Islam Raden Rahmat Malang. Buku ini menjelaskan secara rinci tentang konsep, struktur, dan implementasi Model Pembelajaran LCI dalam konteks pendidikan tinggi. Dalam buku ini, penulis juga menyajikan data hasil penelitian melalui berbagai tabel yang menunjukkan pengaruh model LCI terhadap keterampilan proses sains, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Data tersebut didukung oleh uji statistik seperti Anakova dan LSD, yang menunjukkan signifikansi pengaruh model LCI dalam meningkatkan kemampuan akademik dan keterampilan siswa. Selain itu, buku ini juga menjelaskan kerangka kompetensi 21st Century Skills, yang mencakup berbagai aspek seperti keterampilan berpikir kritis, komunikasi dan kolaborasi, literasi informasi dan teknologi, serta keterampilan hidup dan karir. Dengan memahami kerangka tersebut, pembaca dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang bagaimana model LCI dapat menjadi alat untuk mengembangkan kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan era abad 21. Buku ini diharapkan dapat menjadi pedoman dan referensi bagi mahasiswa, dosen, praktisi pendidikan, dan penggiat pendidikan dalam upaya inovasi pembelajaran di kelas. Dengan model LCI, diharapkan dapat mewujudkan pembelajaran yang lebih aktif, kreatif, dan relevan dengan kebutuhan dunia saat ini.

Sinopsis ebook

Pengembangan kerangka kerja yang komprehensif untuk pembelajaran abad ke 21 membutuhkan lebih dari mengidentifikasi spesifik keterampilan pengetahuan konten keahlian dan kemahiran Sebuah sistem pendukung yang inovatif harus diciptakan untuk membantu pebelajar menguasai kemampuan multidimensi yang akan diperlukan pada abad 21 Keterampilan abad 21 perlu diintegrasikan dalam setiap pembelajaran Model pembelajaran LCI dikembangkan sebagai solusi pembelajaran yang dapat menunjang pemberdayaan keterampilan abad 21 seperti keterampilan berpikir kritis keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif Buku ini menyajikan pembahasan secara komprehensif mengenai pembelajaran abad 21 melalui model pembelajaran LCI yang meliputi rasionalisasi langkah langkah pengembangan implementasi hasil penelitian tentang penerapan model dan contoh perangkat pembelajaran

Detail Buku

Jumlah Halaman 97
Kategori Pendidikan
Penerbit Edulitera
Tahun Terbit 2022
ISBN 978-623-5693-88-0
eISBN proses
Model pembelajaran LCI, pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad 21

Model pembelajaran LCI, pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad 21

Yulia Eka Yanti, M.Pd.