Logo Bacabuku
Model Pembelajaran Kontekstual Menulis Puisi

Model Pembelajaran Kontekstual Menulis Puisi

Sri Suhanah
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku *Model Pembelajaran Kontekstual Menulis Puisi* ini hadir sebagai solusi inovatif dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik SMP/MTs. Buku ini ditulis dengan latar belakang bahwa kemampuan menulis puisi di kalangan siswa masih kurang diminati, dikarenakan kurangnya pemahaman siswa tentang cara menulis puisi, serta kurangnya bimbingan yang efektif dari guru. Selain itu, pergeseran paradigma pengajaran di sekolah, di mana peran guru berubah menjadi organisator yang merancang strategi pembelajaran, memerlukan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan memperhatikan kemandirian peserta didik. Buku ini menyajikan model pembelajaran kontekstual sebagai pendekatan yang efektif dalam membimbing siswa menulis puisi. Model ini dirancang untuk membantu guru mempermudah proses memahamkan materi menulis puisi kepada siswa, serta memberikan perangkat pembelajaran yang lengkap dan praktis. Buku ini juga menggambarkan deskripsi tentang model pembelajaran kontekstual, perangkat pembelajaran berdasarkan model tersebut, serta efektivitas model dalam meningkatkan hasil belajar menulis puisi. Dengan adanya buku ini, diharapkan guru dapat memperoleh inspirasi dan panduan dalam mengembangkan praktik pembelajaran bahasa Indonesia, terutama dalam pembelajaran menulis puisi, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif, berkualitas, dan mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa. Buku ini juga menjadi kontribusi nyata dalam upaya peningkatan literasi dan kreativitas siswa di tingkat SMP/MTs.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku *Model Pembelajaran Kontekstual Menulis Puisi* ini hadir sebagai solusi inovatif dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik SMP/MTs. Buku ini ditulis dengan latar belakang bahwa kemampuan menulis puisi di kalangan siswa masih kurang diminati, dikarenakan kurangnya pemahaman siswa tentang cara menulis puisi, serta kurangnya bimbingan yang efektif dari guru. Selain itu, pergeseran paradigma pengajaran di sekolah, di mana peran guru berubah menjadi organisator yang merancang strategi pembelajaran, memerlukan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan memperhatikan kemandirian peserta didik. Buku ini menyajikan model pembelajaran kontekstual sebagai pendekatan yang efektif dalam membimbing siswa menulis puisi. Model ini dirancang untuk membantu guru mempermudah proses memahamkan materi menulis puisi kepada siswa, serta memberikan perangkat pembelajaran yang lengkap dan praktis. Buku ini juga menggambarkan deskripsi tentang model pembelajaran kontekstual, perangkat pembelajaran berdasarkan model tersebut, serta efektivitas model dalam meningkatkan hasil belajar menulis puisi. Dengan adanya buku ini, diharapkan guru dapat memperoleh inspirasi dan panduan dalam mengembangkan praktik pembelajaran bahasa Indonesia, terutama dalam pembelajaran menulis puisi, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif, berkualitas, dan mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa. Buku ini juga menjadi kontribusi nyata dalam upaya peningkatan literasi dan kreativitas siswa di tingkat SMP/MTs.

Detail Buku

Jumlah Halaman 70
Kategori Pendidikan
Penerbit PT. Mediaguru Digital Indonesia
Tahun Terbit 2019
ISBN 978-602-497-211-0
eISBN
Model Pembelajaran Kontekstual Menulis Puisi

Model Pembelajaran Kontekstual Menulis Puisi

Sri Suhanah