Logo Bacabuku
MODEL PEMBELAJARAN KOGNITIF UNTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

MODEL PEMBELAJARAN KOGNITIF UNTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Ismail Suardi Wekke; Hamzah; Siddin
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengembangan model pembelajaran kognitif yang bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pelajaran Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah. Penulis menjelaskan bahwa proses pembelajaran Qur’an Hadis tidak hanya sebatas kemampuan membaca, menulis, dan menghafal, tetapi juga harus mendorong pemahaman integral dan sistematis terhadap ayat-ayat al-Qur’an serta hadis. Dengan pendekatan kognitif, model pembelajaran ini dirancang untuk membantu siswa dalam menerima, mengorganisasi, dan mengaplikasikan informasi secara efektif. Buku ini juga menjelaskan konsep berpikir kritis sebagai kemampuan berpikir reflektif dan beralasan dalam pengambilan keputusan. Berpikir kritis melibatkan proses interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi yang didasarkan pada bukti, konsep, dan pertimbangan kontekstual. Penulis menekankan bahwa berpikir kritis adalah proses kompleks yang memerlukan kognitif tingkat tinggi dalam memproses informasi, serta meliputi beberapa tahapan seperti klarifikasi dasar, pengambilan keputusan, dan penyimpulan. Selain itu, buku ini juga membahas tentang gaya kognitif dan penggunaan Group Embedded Figure Test (GEFT) sebagai alat untuk mengidentifikasi perbedaan karakteristik kognitif siswa. Dengan memahami gaya kognitif siswa, guru dapat merancang model pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan individu siswa. Penulis berharap buku ini dapat menjadi sumber belajar yang bermanfaat bagi para guru dan calon guru, serta menjadi panduan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Qur’an Hadis di tingkat Madrasah Aliyah.

Sinopsis ebook

Guru dalam memilah dan memilih model pembelajaran hendaknya sejalan dengan semangat reformasi yang sedang bergulir Semangat reformasi menghendaki adanya perubahan perubahan dalam sistem pembelajaran Model pembelajaran yang disuguhkan penulis adalah untuk melihat bagaimana kemampuan dari asing masing siswa dalam menerima dan mengorganisasi informasi dari sekitarnya Oleh karena itu seorang guru harus mampu mengidentifikasi perbedaan karakteristik individual siswa setelah membaca buku ini

Detail Buku

Jumlah Halaman 86
Kategori Pendidikan
Penerbit Penerbit Adab
Tahun Terbit 2021
ISBN 978-623-56871-2-4
eISBN proses
MODEL PEMBELAJARAN KOGNITIF UNTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

MODEL PEMBELAJARAN KOGNITIF UNTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Ismail Suardi Wekke; Hamzah; Siddin