Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengembangan model pembelajaran kognitif yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pelajaran Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah. Penulis menjelaskan bahwa pembelajaran Qur’an Hadis tidak hanya berfokus pada kemampuan membaca, menulis, menerjemahkan, dan menghafal ayat-ayat serta hadis, tetapi juga menekankan pada pemahaman yang integral dan sistematis terhadap al-Qur’an dan hadis, yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Berpikir kritis dijelaskan sebagai kemampuan berpikir reflektif dan beralasan dalam mengambil keputusan. Proses ini melibatkan interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi, serta didasarkan pada bukti, konsep, metodologi, kriteria, dan pertimbangan kontekstual. Penulis menekankan bahwa berpikir kritis adalah proses kompleks yang memerlukan kognitif tingkat tinggi dalam memproses informasi dan melibatkan beberapa tahapan, seperti klarifikasi dasar, pengambilan keputusan, dan penyimpulan. Dalam buku ini, penulis juga menjelaskan tentang gaya kognitif dan Group Embedded Figure Test (GEFT) sebagai alat untuk mengidentifikasi perbedaan karakteristik kognitif siswa. Model pembelajaran kognitif yang disajikan bertujuan untuk memfasilitasi proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa secara efektif dan efisien. Buku ini menjadi referensi yang berguna bagi guru dan calon guru dalam merancang dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan semangat reformasi pendidikan.
Guru dalam memilah dan memilih model pembelajaran hendaknya sejalan dengan semangat reformasi yang sedang bergulir Semangat reformasi menghendaki adanya perubahan perubahan dalam sistem pembelajaran Model pembelajaran yang disuguhkan penulis adalah untuk melihat bagaimana kemampuan dari asing masing siswa dalam menerima dan mengorganisasi informasi dari sekitarnya Oleh karena itu seorang guru harus mampu mengidentifikasi perbedaan karakteristik individual siswa setelah membaca buku ini
Jumlah Halaman | 94 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-5687-12-4 |
eISBN |