Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan aplikasi model pembelajaran keterampilan berbicara untuk anak usia 3–4 tahun dengan menggunakan media *Big Book* sebagai strategi pengembangan kemampuan bahasa, khususnya dalam aspek keterampilan berbicara. Buku ini menjelaskan hakikat anak usia dini, aspek perkembangan berbicara, karakteristik perkembangan berbicara, faktor-faktor yang memengaruhi keterampilan berbicara, prinsip-prinsip berbicara, hambatan-hambatan dalam berbicara, serta pembelajaran keterampilan berbicara. Selain itu, buku ini juga menyajikan berbagai jenis strategi pembelajaran, termasuk strategi pembelajaran ekspositori, inkuiri, berbasis masalah, kooperatif, afektif, kontekstual, aktif, dan *quantum*. Buku ini juga membahas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran anak usia dini, fungsi teknologi dalam pembelajaran, prinsip pemanfaatan teknologi, literasi digital, serta pemanfaatan teknologi di rumah dan di sekolah. Terakhir, buku ini menjelaskan tentang modul pembelajaran, karakteristik, prinsip pengembangan, prosedur penyusunan, fungsi, kelebihan, dan kekurangan modul pembelajaran. Buku ini dirancang untuk menjadi panduan praktis bagi guru dalam mengembangkan sistem pembelajaran yang efektif dan menyenangkan di lembaga PAUD.
Pengembangan kemampuan bahasa pada anak usia dini mempunyai tujuan supaya anak dapat berkomunikasi dengan baik melalui lisan terhadap lingkungannya Oleh karena itu aktivitas pembelajaran yang dilakukan harus menggunakan metode maupun media yang tepat dan sesuai dengan usia perkembangannya Bahasa lisan sangat penting untuk interaksi sosial serta konsep pembelajaran sehingga dibutuhkan kurikulum dan penilaian dalam kegiatan berbicara untuk pengembangan bahasa anak usia dini Dalam buku ini memberikan gambaran terhadap orang tua dan guru Pendidikan Anak Usia Dini bagaimana cara yang tepat dalam menstimulasi anak agar dapat berinteraksi dengan sesama dan lingkungannya Pengembangan kemampuan bahasa dapat dilakukan dalam bentuk pendidikan formal maupun nonformal Pendekatan strategi yang tepat serta penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak dapat memotivasi dan menarik perhatian anak dalam berinteraksi sosial dengan lingkungannya Salah satu pendekatan yang tepat untuk proses pembelajaran dalam pengembangan bahasa terutama pada keterampilan berbicara adalah dengan strategi kooperatif IOC Inside Outside Circle dan penggunaan media big book
| Jumlah Halaman | 318 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | Kencana |
| Tahun Terbit | 2022 |
| ISBN | 978-623-384-196-2 |
| eISBN | 978-623-384-198-6 |