Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang model pembelajaran *Jigsaw* yang berbantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam konteks pembelajaran Biologi. Buku ini dirancang untuk memberikan wawasan dan pendekatan inovatif dalam pengembangan proses belajar mengajar, khususnya dalam bidang Biologi. Model pembelajaran *Jigsaw* merupakan salah satu bentuk pembelajaran kooperatif yang menekankan kolaborasi antar siswa dalam membangun pemahaman melalui diskusi dan kerja kelompok. Dalam buku ini, pembelajaran *Jigsaw* diintegrasikan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga memperkaya proses belajar melalui penggunaan media dan alat digital yang relevan. Buku ini terdiri dari delapan bab, yang meliputi pendahuluan, teori konstruktivis dalam pembelajaran Biologi, model pembelajaran kooperatif tipe *Jigsaw*, peran TIK dalam pembelajaran, motivasi belajar, hasil belajar Biologi, serta hasil belajar Biologi yang ditinjau dari motivasi belajar. Penulis juga mengeksplorasi bagaimana penggunaan TIK dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperluas akses informasi, dan meningkatkan kualitas hasil belajar. Buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para guru, pendidik, dan peneliti yang tertarik mengembangkan pendekatan pembelajaran inovatif berbasis kooperatif dan teknologi dalam pembelajaran Biologi.
Dalam kooperatif tipe jigsaw siswa dapat mengembangkan keahlian dan keterampilan yang diperlukan untuk menggolongkan aktivitas yaitu mendengarkan menyampaikan kerjasama refleksi dan keterampilan memecahkan masalah Sehingga motivasi teman sebaya yang digunakan secara efektif di kelas untuk meningkatkan baik pembelajaran kognitif maupun pertumbuhan efektif siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar Prestasi belajar siswa yang biasanya ditunjukkan dengan hasil belajar siswa ditentukan pula adanya kesesuaian antara motivasi yang ada dalam diri siswa dengan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru
Jumlah Halaman | 105 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bintang Semesta Media |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-5361-83-3 |
eISBN | proses |