Logo Bacabuku
Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio : dalam pembelajaran kimia di SMA

Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio : dalam pembelajaran kimia di SMA

Made Tiastra
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio dalam pembelajaran kimia di Sekolah Menengah Atas (SMA). Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat dikembangkan dan diterapkan secara efektif dalam konteks pembelajaran kimia, dengan pendekatan asesmen portofolio sebagai alat untuk mengukur dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam buku ini, penulis menjelaskan konsep dasar pembelajaran inkuiri terbimbing, yang merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses eksplorasi, investigasi, dan pemecahan masalah secara terstruktur. Selain itu, buku ini juga menjelaskan hakekat asesmen portofolio sebagai bentuk evaluasi yang holistik dan berkelanjutan, yang memungkinkan pendokumentasian perkembangan belajar siswa secara komprehensif. Penulis juga membahas dampak dari penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio terhadap hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran kimia. Buku ini menyajikan analisis hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran tersebut, serta hubungan antara hasil belajar siswa dengan adversity quotient (AQ), yaitu kemampuan seseorang dalam menghadapi tantangan dan kesulitan. Buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para guru, pendidik, dan calon pendidik, khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa di lingkungan pendidikan menengah.

Sinopsis ebook

Dalam tulisan ini penulis memberikan alternatif model pembelajaran untuk menjawab permasalahan tersebut yakni model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio dalam pembelajaran kimia sesuai dengan tuntutan kurikulum sebagai upaya mengembangkan peran guru sebagai fasilitator dan moderator Melalui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio siswa akan menggali dan menemukan sendiri konsep konsep yang terkait dengan materi pelajaran Penemuan konsep melalui menemukan sendiri akan menjadikan belajar siswa lebih bermakna meaningful learning kebermaknaan dalam belajar akan berdampak pada daya ingat dan pemahaman siswa terhadap konsep konsep yang lebih kuat sehingga akan berdampak positip terhadap hasil belajar kimia Selain itu adversity quotient siswa akan memiliki kontribusi pula dalam menentukan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kimia

Detail Buku

Jumlah Halaman 115
Kategori Pendidikan
Penerbit Bintang Semesta Media
Tahun Terbit 2022
ISBN 978-623-5361-84-0
eISBN proses
Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio : dalam pembelajaran kimia di SMA

Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio : dalam pembelajaran kimia di SMA

Made Tiastra