Sinopsis Buku: Buku ini menjelaskan secara mendalam tentang Model Pembelajaran GOLD (*Guided, Organizing, Leaflet, Discovery*), yang merupakan pendekatan pembelajaran inovatif dan berbasis konstruktivisme. Model ini dirancang untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah, dengan fokus pada pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kemandirian peserta didik. Buku ini memaparkan langkah-langkah penerapan, karakteristik, keunggulan, dan kelemahan model pembelajaran GOLD, serta teori belajar yang mendukungnya. Selain itu, buku ini juga membahas berbagai aspek yang mendukung keberhasilan penerapan model pembelajaran ini, seperti sistem reaksi, sistem pendukung, sistem sosial, serta dampak instruksional dan dampak pengiring. Dengan adanya buku ini, diharapkan para guru dapat memahami dan menerapkan model pembelajaran GOLD secara efektif, sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan dan membentuk manusia Indonesia yang berkualitas, berakhlak, dan siap menghadapi tantangan global.
Model pembelajaran GOLD merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran Model pembelajaran GOLD mampu menciptakan proses akomodasi kognitif yang berawal dari pengetahuan siswa menjadi suatu pengetahuan baru yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari agar siswa dapat menjadi mandiri dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi Model pembelajaran GOLD memberikan fasilitas untuk mengakomodasi pengetahuan awal siswa sehingga menjadi pengetahuan baru yang dapat siswa manfaatkan dalam kehidupan sehari hari Model pembelajaran GOLD melatih siswa belajar dalam kelompok untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dengan cepat Model ini didasarkan pada asumsi bahwa kemampuan untuk mengikuti dan menyelesaikan tugas dalam em setting em kelompok adalah penting Siswa yang berpartisipasi dalam pemecahan masalah em problem solving em akan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk berbagai mata pelajaran melatih kepemimpinan dan tanggung jawab serta solidaritas dan toleransi
Jumlah Halaman | 115 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV JEJAK |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-247-663-9 |
eISBN | 978-623-247-664-6 |