Ilmu Pengetahuan Alam IPA merupakan salah satu pelajaran yang wajib diajarkan disetiap jenjang pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan menengah karena Ilmu Pengetahuan Alam IPA merupakan pelajaran yang dapat memecahkan masalah masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari hari Namun demikian pada proses pembelajaran minat belajar siswa masih rendah dan kurang aktif dalam belajar sehingga siswa kurang mampu menyelesaikan masalah masalah dalam pembelajaran IPA Ini dapat dilihat dari rendahnya hasil belajar siswa Salah satu alternatif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dipaparkan di atas adalah model pembelajaran Discovery Learning Dalam model pembelajaran Discovery Learning mendorong siswa untuk belajar melalui keterlibatan aktif mereka untuk memiliki pengalaman dan melakukan percobaan yang memungkinkan mereka menemukan sendiri konsep konsep dan prinsip prinsip dalam pembelajaran IPA serta mampu menggunakan konsep yang telah mereka temukan untuk menyelesaikan soal IPA Buku ini dapat dijadikan salah satu referensi guru dalam menerapkan model pembelajaran di kelas yang dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran dan tentunya juga dapat meningkatkan hasil belajarnya Ilmu Pengetahuan Alam IPA merupakan salah satu pelajaran yang wajib diajarkan disetiap jenjang pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan menengah karena Ilmu Pengetahuan Alam IPA merupakan pelajaran yang dapat memecahkan masalah masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari hari Namun demikian pada proses pembelajaran minat belajar siswa masih rendah dan kurang ...aktif dalam belajar sehingga siswa kurang mampu menyelesaikan masalah masalah dalam pembelajaran IPA Ini dapat dilihat dari rendahnya hasil belajar siswa Salah satu alternatif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dipaparkan di atas adalah model pembelajaran Discovery Learning Dalam model pembelajaran Discovery Learning mendorong siswa untuk belajar melalui keterlibatan aktif mereka untuk memiliki pengalaman dan melakukan percobaan yang memungkinkan mereka menemukan sendiri konsep konsep dan prinsip prinsip dalam pembelajaran IPA serta mampu menggunakan konsep yang telah mereka temukan untuk menyelesaikan soal IPA Buku ini dapat dijadikan salah satu referensi guru dalam menerapkan model pembelajaran di kelas yang dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran dan tentunya juga dapat meningkatkan hasil belajarnya