Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penerapan model pembelajaran *Cooperative Learning* tipe *Jigsaw* dalam pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penulis menguraikan secara lengkap konsep belajar, hasil belajar, serta kelebihan dan kekurangan metode *Jigsaw* sebagai salah satu bentuk pembelajaran kooperatif. Buku ini juga menjelaskan langkah-langkah penerapan model *Jigsaw* dalam proses pembelajaran matematika, khususnya dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Buku ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh penulis berjudul *“Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Teorema Phytagoras Dengan Metode Pembelajaran Type Jigsaw di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Karangpucung Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019”*. Penulis menjelaskan hasil penelitian, pembahasan, serta penutup dari penelitian tersebut, yang berisi wawasan tentang efektivitas metode *Jigsaw* dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Buku ini ditujukan bagi para guru yang ingin mengembangkan inovasi dalam pembelajaran, khususnya dalam upaya memperkaya metode pengajaran matematika agar lebih interaktif, kreatif, dan mendorong partisipasi aktif siswa. Dengan penerapan model *Jigsaw*, pembelajaran matematika di SMP diharapkan tidak lagi monoton, tetapi menjadi proses yang dinamis, kolaboratif, dan berorientasi pada pengembangan potensi siswa secara komprehensif.
Buku ini ditulis berdasarkan penelitian tindakan kelas berjudul Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Teorema Phytagoras Dengan Metode Pembelajaran Type Jigsaw di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Karangpucung Semester 2 Tahun Pelajaran 2018 2019 yang di laksanakan oleh penulis Buku ini menguraikan secara lengkap mengenai belajar hasil belajar model pembelajaran cooperative tipe jigsaw dan langkah langkah penerapan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw dalam pembelajaran matematika di SMP
Jumlah Halaman | 122 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-93305-6-9 |
eISBN |