Logo Bacabuku
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS METAKOGNISI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS METAKOGNISI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

Iswan Riyadi
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penerapan model pembelajaran berbasis metakognisi untuk meningkatkan kompetensi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penulis menggambarkan bagaimana metakognisi, yaitu kemampuan berpikir tentang proses berpikir sendiri, dapat menjadi alat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif siswa dalam memahami konsep-konsep sosial dan historis. Model pembelajaran yang dikembangkan berbasis metakognisi dirancang untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar, memfasilitasi refleksi terhadap proses belajar, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam merencanakan, mengawasi, dan mengevaluasi kegiatan belajar mereka sendiri. Penelitian yang dilakukan dalam buku ini dilakukan untuk menguji efektivitas model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan kompetensi siswa, khususnya di kelas yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis metakognisi. Buku ini juga menyajikan hasil penelitian, analisis data, serta pembahasan yang mendukung pengembangan model pembelajaran tersebut sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran IPS di sekolah.

Sinopsis ebook

Salah satu hambatan terbesar dalam pengajaran IPS di Indonesia pada tingkat lapangan adalah guru tidak pernah mengajarkan strategi belajar kepada siswa Pada sisi lain terdapat materi yang terlalu banyak yang harus disajikan oleh guru sementara itu alokasi waktu sangat terbatas Sehubungan dengan materi IPS telah banyak penelitian mengungkap bagaimana seharusnya guru IPS merencanakan pengajaran dan sekaligus bagaimana mengajar IPS agar menjadi mata pelajaran yang menarik bagi siswa Dalam perspektif pengajaran IPS di Indonesia misalnya mulai dari sejarah kerajaan kerajaan Hindu hingga kerajaan Islam jaman revolusi kemerdekaan yang memunculkan Orde Lama hingga pemerintahan di bawah Orde Baru selanjutnya digantikan oleh Orde Reformasi hingga jaman Kabinet Indonesia Bersatu ini guru IPS ditantang untuk dapat menyajikan pelajaran IPS yang sesuai dengan perkembangan jamannya Dalam perspektif global guru IPS mendapat tantangan yang lebih besar lagi yakni menyajikan dan menanamkan nilai nilai universal dan pemikiran pemikiran global kepada siswa agar apa yang menjadi salah satu tujuan pengajaran IPS yakni mendidik anak agar dapat menjadi warga negara yang demokratis yang mampu mengambil peranan penting dalam kehidupan sosial ekonomi dan politik global dapat tercapai Di samping faktor kurikulum yang berkarakter aspek lain yang diperlukan agar tujuan pembelajaran social studies dapat tercapai adalah pengajaran yang kuat dan bermakna Mengajar social studies yang kuat dan bermakna dimulai dengan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam serta tujuan mata pelajaran itu sendiri NCSS 2007 Belajar yang bermakna meaningful learning lebih menekankan pada kemampuan siswa membuat tautan antara pengetahuan yang telah dimilikinya dengan pengetahuan baru yang didapatnya sehingga terjadilah sebuah proses yang oleh Ausubel disebut dengan Asimilasi Novak 2002 548

Detail Buku

Jumlah Halaman 266
Kategori Buku ajar
Penerbit Deepublish
Tahun Terbit 2015
ISBN 978-602-280-658-5
eISBN 978-623-209-195-5
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS METAKOGNISI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS METAKOGNISI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

Iswan Riyadi