MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS METAKOGNISI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS METAKOGNISI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

Iswan Riyadi

Telah di baca oleh 3 pemustaka, dengan total durasi baca 00:02:13

Deskripsi Buku

Salah satu hambatan terbesar dalam pengajaran IPS di Indonesia pada tingkat lapangan adalah guru tidak pernah mengajarkan strategi belajar kepada siswa Pada sisi lain terdapat materi yang terlalu banyak yang harus disajikan oleh guru sementara itu alokasi waktu sangat terbatas Sehubungan dengan materi IPS telah banyak penelitian mengungkap bagaimana seharusnya guru IPS merencanakan pengajaran dan sekaligus bagaimana mengajar IPS agar menjadi mata pelajaran yang menarik bagi siswa Dalam perspektif pengajaran IPS di Indonesia misalnya mulai dari sejarah kerajaan kerajaan Hindu hingga kerajaan Islam jaman revolusi kemerdekaan yang memunculkan Orde Lama hingga pemerintahan di bawah Orde Baru selanjutnya digantikan oleh Orde Reformasi hingga jaman Kabinet Indonesia Bersatu ini guru IPS ditantang untuk dapat menyajikan pelajaran IPS yang sesuai dengan perkembangan jamannya Dalam perspektif global guru IPS mendapat tantangan yang lebih besar lagi yakni menyajikan dan menanamkan nilai nilai universal dan pemikiran pemikiran global kepada siswa agar apa yang menjadi salah satu tujuan pengajaran IPS yakni mendidik anak agar dapat menjadi warga negara yang demokratis yang mampu mengambil peranan penting dalam kehidupan sosial ekonomi dan politik global dapat tercapai Di samping faktor kurikulum yang berkarakter aspek lain yang diperlukan agar tujuan pembelajaran social studies dapat tercapai adalah pengajaran yang kuat dan bermakna Mengajar social studies yang kuat dan bermakna dimulai dengan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam serta tujuan mata pelajaran itu sendiri NCSS 2007 Belajar yang bermakna meaningful learning lebih menekankan pada kemampuan siswa membuat tautan antara pengetahuan yang telah dimilikinya dengan pengetahuan baru yang didapatnya sehingga terjadilah sebuah proses yang oleh Ausubel disebut dengan Asimilasi Novak 2002 548 Salah satu hambatan terbesar dalam pengajaran IPS di Indonesia pada tingkat lapangan adalah guru tidak pernah mengajarkan strategi belajar kepada siswa Pada sisi lain terdapat materi yang terlalu banyak yang harus disajikan oleh guru sementara itu alokasi waktu sangat terbatas Sehubungan dengan materi IPS telah banyak penelitian mengungkap bagaimana seharusnya guru ...

Style

MLA Style
Riyadi, Iswan. MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS METAKOGNISI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. Yogyakarta: Deepublish, 2015. Online.
Chicago Style
Riyadi, Iswan. MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS METAKOGNISI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. Yogyakarta: Deepublish, 2015.
Turabian Style
Riyadi, Iswan, MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS METAKOGNISI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. Yogyakarta: Deepublish, 2015.
APA Style
Riyadi, Iswan. (2015). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS METAKOGNISI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. Yogyakarta: Deepublish.
Harvard Style
Riyadi, Iswan, 2015, MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS METAKOGNISI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS, Deepublish, Yogyakarta.
IEEE Style
Iswan Riyadi. MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS METAKOGNISI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Detail Buku

Jumlah Halaman
266
Kategori
Sub Kategori
Penerbit
Tahun Terbit
ISBN
978-602-280-658-5
eISBN
978-623-209-195-5

Buku Rekomendasi

Lihat Semua

Buku Terkait

Lihat Semua