Logo Bacabuku
Model Pembelajaran Bahasa Arab

Model Pembelajaran Bahasa Arab

Ismail Suardi Wekke
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif dalam pembelajaran bahasa Arab, dirancang untuk mendukung proses belajar yang efektif dan bermakna. Buku ini tidak hanya memberikan teori-teori pembelajaran, tetapi juga memperhatikan konteks praktis dalam implementasi pembelajaran di kelas. Penulis menekankan bahwa belajar bahasa Arab tidak cukup hanya dengan pemahaman teoritis, melainkan harus didukung oleh latihan dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pendekatan yang holistik, buku ini membantu pembelajar untuk mengembangkan keterampilan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis dalam bahasa Arab secara seimbang. Selain itu, buku ini juga memberikan wawasan tentang pentingnya sinergi keilmuan, pengayaan bacaan, dan kolaborasi dalam proses pembelajaran. Buku ini menjadi acuan yang relevan bagi para guru dan pembelajar yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Arab secara mendalam dan berkelanjutan.

Sinopsis ebook

Pembelajaran Bahasa Arab sesungguhnya adalah sebuah pengantar dalam memahami proses belajar mengajar bahasa Arab Pembelajaran bahasa Arab yang jamak dilaksanakan di pesantren sebagai bagian dari aktivitas untuk meneguhkan pemahaman keislaman Untuk itu memahami bahasa Arab merupakan awal dari pemahaman ajaran Islam itu sendiri Tidaklah akan sempurna keislaman seorang muslim tanpa pemahaman bahasa Arab Pada titik inilah kemudian pembelajaran bahasa Arab menjadi sebuah keperluan untuk dilaksanakan Bahasa Arab menjadi sebuah mata pelajaran yang dibenci sekaligus dirindu Bagi yang menguasainya menjadi pelajaran yang dirindu tetapi yang tidak menguasainya menjadi sebuah pelajaran yang dibenci Dua hal yang kontradiktif ini sesunguhnya tidak perlu terjadi jikalau pengajar bahasa Arab mampu menyampaikan materi yang mudah dipahami murid murid Awal mula kecintaan akan sebuah pelajaran tidak dibangun karena pandangan tentang fungsinya di masa depan Itu semua kadang karena hanya sebuah metode yang dipilih oleh guru untuk mentransfer ilmu kepada murid murid Jikalau saja dalam fase awal ini guru gagal dalam tugas memupuk kecintaan itu maka sepanjang hayat murid senantiasa akan memberi respon negatif kepada sebuah mata pelajaran Maka sebuah ungkapan lama yang diperkenalkan Mahmud Yunus masih relevan adalah metode lebih penting dibanding materi Ini menjadi sebuah peringatan sejak lama bahwa materi hanyalah muatan dalam proses pembelajaran sehingga siswa mampu mencapai kompetensi yang ditetapkan di akhir pembelajaran Padahal belajar bahasa Arab tidak dapat melepaskan diri dari spirit dan juga latihan Bahasa sekadar menjadi sebuah pemahaman saja kalau tidak digunakan dalam keseharian Sementara jika hanya belajar bahasa Arab dengan ketidakpenuhan daya akan menjadi sebuah proses yang sia sia Untuk itu unsur unsur itu mesti menjadi perhatian dalam pembelajaran bahasa Keterampilan mengajar secara teoritis dapat dipelajari Hanya saja praktik yang ada di lapangan menjadikan sebuah pengalaman dapat digunakan sebagai panduan dalam menghadapi sebuah kelas Kami mengibaratkan dengan seorang sopir Hanya pada masa masa awal memerlukan teori untuk menjalankan kendaraan Dalam perjalanan selanjutnya akan berjalan sesuai dengan seiring berjalannya waktu Teori tetap diperlukan tetapi tidak lagi menjadi bagian terbesar Menggunakan teori sebagai panduan umum dan menjalankan kendaraan sesuai dengan kondisi yang ada Dalam metafora seperti itulah buku ini bisa saja hadir dalam kerangka memberikan panduan awal tetapi setelah guru sudah mengenal medan dan menjalankan kelas dengan materi yang sudah dikuasainya maka teori teori pembelajaran tetap saja akan berfungsi sesuai dengan situasi yang berkembang

Detail Buku

Jumlah Halaman 352
Kategori Pendidikan
Penerbit Deepublish
Tahun Terbit 2014
ISBN 978-602-280-777-3
eISBN
Model Pembelajaran Bahasa Arab

Model Pembelajaran Bahasa Arab

Ismail Suardi Wekke