Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang model pembelajaran *Palu* yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Jawa secara santun dan efektif. Buku ini berisi penjelasan tentang latar belakang pentingnya pembelajaran bahasa Jawa, khususnya dalam konteks pendidikan dan penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi. Penulis menjelaskan bahwa pembelajaran bahasa Jawa di sekolah tidak hanya berfokus pada tata bahasa, tetapi juga pada kemampuan berkomunikasi secara santun dan nyaman dalam berbagai situasi. Dalam buku ini, disajikan konsep keterampilan berbicara, serta cara mengintegrasikan keempat aspek keterampilan bahasa—mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis—dalam satu proses pembelajaran yang terpadu. Model *Palu* diterapkan dengan menggunakan media cerita *Kethoprak* yang menjadi sarana untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka dalam berbahasa Jawa yang santun. Selain itu, buku ini juga menyajikan hasil dan pembahasan dari siklus pembelajaran yang dilakukan, serta refleksi dari proses pembelajaran tersebut. Buku ini diharapkan menjadi referensi yang bermanfaat bagi para guru bahasa Jawa, khususnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan penggunaan bahasa Jawa secara efektif dan santun di sekolah.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang model pembelajaran *Palu* yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Jawa secara santun dan efektif. Buku ini berisi penjelasan tentang latar belakang pentingnya pembelajaran bahasa Jawa, khususnya dalam konteks pendidikan dan penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi. Penulis menjelaskan bahwa pembelajaran bahasa Jawa di sekolah tidak hanya berfokus pada tata bahasa, tetapi juga pada kemampuan berkomunikasi secara santun dan nyaman dalam berbagai situasi. Dalam buku ini, disajikan konsep keterampilan berbicara, serta cara mengintegrasikan keempat aspek keterampilan bahasa—mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis—dalam satu proses pembelajaran yang terpadu. Model *Palu* diterapkan dengan menggunakan media cerita *Kethoprak* yang menjadi sarana untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka dalam berbahasa Jawa yang santun. Selain itu, buku ini juga menyajikan hasil dan pembahasan dari siklus pembelajaran yang dilakukan, serta refleksi dari proses pembelajaran tersebut. Buku ini diharapkan menjadi referensi yang bermanfaat bagi para guru bahasa Jawa, khususnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan penggunaan bahasa Jawa secara efektif dan santun di sekolah.
Jumlah Halaman | 82 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-217-781-9 |
eISBN |