Sinopsis Buku: Buku *Model-Model Pembelajaran Matematika* ini merupakan karya yang mengupas berbagai model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar matematika di kelas. Buku ini ditulis oleh Isrok’atun dan Amelia Rosmala, dengan editor Bunga Sari Fatmawati. Buku ini dilengkapi dengan berbagai model pembelajaran yang relevan dengan kurikulum dan kebutuhan pembelajaran matematika di tingkat sekolah. Dalam buku ini, penulis menjelaskan konsep-konsep dasar tentang urgensi, definisi, peran, serta prinsip-prinsip pembelajaran. Selanjutnya, buku ini menyajikan perbedaan antara pendekatan, model, strategi, metode, teknik, dan taktik dalam pembelajaran, sehingga membantu pembaca memahami struktur dan fungsi masing-masing komponen dalam pembelajaran. Buku ini juga menyajikan berbagai model pembelajaran matematika yang terdapat dalam kurikulum, seperti *Problem Based Learning*, *Inkuiri Terbimbing*, *Kontekstual*, *Realistic Mathematics Education*, *Open Ended*, *Eksploratif*, *SAVI*, *Generatif*, *Means Ends Analysis*, *Project-Based Learning*, dan *Investigasi Matematika*. Selain itu, buku ini juga membahas model-model pembelajaran kooperatif seperti *STAD*, *MMP*, *Kooperatif*, *SBL*, *TGT*, *CPS*, *TTW*, *TPS*, *Role Playing*, *Induktif*, dan *Double-Loop Problem Solving*. Buku ini menjadi referensi yang komprehensif bagi para guru, calon guru, dan pendidik dalam merancang dan menerapkan model pembelajaran yang efektif dan inovatif dalam proses pembelajaran matematika. Dengan berbagai model yang disajikan, buku ini memberikan wacana dan alat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas.
Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang disajikan oleh guru agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan Model ini nantinya digunakan guru untuk mengorganisasikan kelas agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik Model pembelajaran tentunya tidak sekadar alat penyampai materi tapi juga dapat memberikan dorongan dan minat belajar bagi siswa Tak terkecuali pada mata pelajaran matematika Mata pelajaran matematika umumnya hanya mengandalkan metode konvensional berupa penjelasan yang dijabarkan oleh guru dan siswa hanya mencatat atau menghafal rumus konsep Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan berbagai model pembelajaran yang efektif agar pembelajaran matematika dapat berjalan dengan menarik dan juga mudah dipahami oleh siswa Buku ini menjabarkan berbagai model pembelajaran matematika yang dapat membantu guru untuk memilih model pembelajaran yang tepat dan efektif
Jumlah Halaman | 188 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-444-357-3 |
eISBN | 978-623-328-183-6 |