Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang model-model pembelajaran Bahasa Indonesia yang dirancang berdasarkan teori dan aplikasi praktis dalam pendidikan. Buku ini ditulis oleh Dina Fitria Handayani, M.Pd., yang telah mengampu mata kuliah terkait model pembelajaran Bahasa Indonesia di Universitas Adzkia Padang. Penulis merujuk berbagai referensi dan berdiskusi dengan rekan-rekan sejawat untuk mengembangkan model pembelajaran yang relevan dan efektif. Buku ini terbagi menjadi dua bagian utama. Bagian pertama membahas tentang pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks dan konteks, meliputi pendahuluan, taksonomi pembelajaran, kurikulum, implementasi Kurikulum 2013, serta peran teks dalam pembelajaran. Bagian kedua berfokus pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, termasuk hakikat pendekatan saintifik, karakteristiknya, serta langkah-langkah penerapan, seperti mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengajukan ide, dan mengkomunikasikan. Buku ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sistematis peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan pendekatan berbasis teks dan pendekatan saintifik, buku ini memberikan panduan praktis bagi para guru dan pendidik dalam merancang dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan konteks dan lingkungan belajar. Buku ini sangat relevan untuk para pendidik, calon pendidik, dan mahasiswa yang tertarik dalam pengembangan metode pembelajaran Bahasa Indonesia secara efektif dan inovatif.
Salah satu tujuan pembelajaran bahasa adalah membimbing perkembangan bahasa siswa secara berkelanjutan melalui pros es mendengarkan berbicara membaca dan menulis Siswa dia rahkan agar mampu menggunakan bahasa sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan intelektual kematangan emosional berkomunikasi secara efektif dan mengekspresikan gagasan ide dengan kreatif
Jumlah Halaman | 188 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-329-529-1 |
eISBN | proses |