Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Buku ini disusun untuk membantu guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran IPS yang lebih menarik, efektif, dan relevan dengan kebutuhan perkembangan siswa di era modern. Model STAD merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif yang mendorong kerja sama antar siswa dalam kelompok kecil, sehingga meningkatkan partisipasi, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa. Buku ini menyajikan konsep dasar pembelajaran kooperatif STAD, contoh penerapan dalam pembelajaran IPS, serta strategi untuk mengembangkan keterampilan sosial, kognitif, dan sikap positif siswa terhadap lingkungan dan bangsa. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pentingnya memahami perkembangan fisik, sosio-emosional, dan intelektual siswa dalam merancang pembelajaran yang kondusif. Dengan menggunakan model STAD, guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, mengurangi kebosanan siswa, dan memastikan bahwa mata pelajaran IPS menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Buku ini diharapkan menjadi referensi praktis bagi para guru yang ingin meningkatkan kualitas pendidikan dan memajukan pembelajaran IPS di SMP.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Buku ini disusun untuk membantu guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran IPS yang lebih menarik, efektif, dan relevan dengan kebutuhan perkembangan siswa di era modern. Model STAD merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif yang mendorong kerja sama antar siswa dalam kelompok kecil, sehingga meningkatkan partisipasi, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa. Buku ini menyajikan konsep dasar pembelajaran kooperatif STAD, contoh penerapan dalam pembelajaran IPS, serta strategi untuk mengembangkan keterampilan sosial, kognitif, dan sikap positif siswa terhadap lingkungan dan bangsa. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pentingnya memahami perkembangan fisik, sosio-emosional, dan intelektual siswa dalam merancang pembelajaran yang kondusif. Dengan menggunakan model STAD, guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, mengurangi kebosanan siswa, dan memastikan bahwa mata pelajaran IPS menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Buku ini diharapkan menjadi referensi praktis bagi para guru yang ingin meningkatkan kualitas pendidikan dan memajukan pembelajaran IPS di SMP.
Jumlah Halaman | 70 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | PT. Mediaguru Digital Indonesia |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-300-019-2 |
eISBN |