Sinopsis Buku: Buku ini mengupas tentang penerapan model *Inquiry Learning* dalam pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah (MTs). Buku ini berisi pembahasan mengenai hakikat pembelajaran Fikih, termasuk konsep shalat berjamaah dan masbuq, serta menyajikan hasil penelitian mengenai penerapan model *Inquiry Learning* dalam konteks pembelajaran Fikih. Penulis menjelaskan secara rinci deskripsi hasil penelitian dan pembahasan model *Inquiry Learning* yang dilakukan, serta memberikan wawasan tentang peran, fungsi, dan kegunaan mata pelajaran Fikih dalam pembentukan karakter peserta didik. Buku ini juga membahas berbagai metode pembelajaran, termasuk metode diskusi kelompok, serta faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Penulis menekankan pentingnya peran guru dalam mengubah paradigma pengajaran menjadi paradigma pembelajaran sesuai dengan standar proses dan standar kualifikasi guru yang diatur dalam Permen No. 41 Tahun 2007 dan Permen No. 16 Tahun 2007. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pendidik dalam mengembangkan pembelajaran Fikih yang lebih efektif dan relevan dengan perkembangan dunia pendidikan yang dinamis.
Sinopsis Buku: Buku ini mengupas tentang penerapan model *Inquiry Learning* dalam pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah (MTs). Buku ini berisi pembahasan mengenai hakikat pembelajaran Fikih, termasuk konsep shalat berjamaah dan masbuq, serta menyajikan hasil penelitian mengenai penerapan model *Inquiry Learning* dalam konteks pembelajaran Fikih. Penulis menjelaskan secara rinci deskripsi hasil penelitian dan pembahasan model *Inquiry Learning* yang dilakukan, serta memberikan wawasan tentang peran, fungsi, dan kegunaan mata pelajaran Fikih dalam pembentukan karakter peserta didik. Buku ini juga membahas berbagai metode pembelajaran, termasuk metode diskusi kelompok, serta faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Penulis menekankan pentingnya peran guru dalam mengubah paradigma pengajaran menjadi paradigma pembelajaran sesuai dengan standar proses dan standar kualifikasi guru yang diatur dalam Permen No. 41 Tahun 2007 dan Permen No. 16 Tahun 2007. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pendidik dalam mengembangkan pembelajaran Fikih yang lebih efektif dan relevan dengan perkembangan dunia pendidikan yang dinamis.
Jumlah Halaman | 88 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-308-066-8 |
eISBN |