Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang *Model Implementasi Pendidikan Inklusif Ramah Anak*, yang merupakan pedoman untuk penyelenggaraan pendidikan inklusif di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Buku ini dirancang untuk membantu para pendidik, kepala sekolah, dan pemangku kepentingan lainnya dalam mewujudkan pendidikan yang inklusif, adil, dan berkeadilan bagi semua anak, terlepas dari latar belakang, kondisi, atau kebutuhan khusus mereka. Buku ini menjelaskan konsep pendidikan inklusif secara filosofis dan praktis, serta memberikan model implementasi yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah. Isi buku terdiri dari berbagai bab yang membahas langkah-langkah penting dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif, seperti penerimaan peserta didik baru yang inklusif, identifikasi dan asesmen kebutuhan anak, adaptasi kurikulum, merancang bahan ajar dan kegiatan pembelajaran yang ramah anak, penataan kelas, penggunaan media pembelajaran adaptif, penilaian dan evaluasi, serta monitoring dan evaluasi terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif. Selain itu, buku ini juga menyampaikan pentingnya penghargaan terhadap hak asasi manusia, khususnya hak pendidikan, sebagai bagian dari upaya membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkeadilan. Buku ini merupakan referensi yang komprehensif dan praktis bagi para pelaku pendidikan yang ingin mewujudkan pendidikan inklusif yang ramah anak di tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
Memahami keberagaman peserta didik di kelas untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan peserta didik yang membutuhkan layanan pendidikan khusus perlu dilakukan oleh setiap guru Kegiatan identifikasi dan asesmen dilakukan agar guru mengetahui kekuatan peserta didik kelemahan peserta didik kebutuhan peserta didik dan standar awal baseline peserta didik sehingga dapat direncanakan program pendidikan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu peserta didik Rencana program pembelajaran seperti ini disebut program pembelajaran individual PPI atau Individualized Education Program IEP Untuk membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir tahap tinggi berpikir kritis dan berpikir kreatif maka perlu dilaksanakan suatu model pembelajaran yang aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan PAIKEM Untuk kepentingan tersebut maka seyogyanya guru harus mengenal dan memahami konsep dasar PAIKEM Tujuan PAIKEM prinsip prinsip PAIKEM karakteristik PAIKEM dan mengimplementasikan PAIKEM dalam kelas yang ramah terbuka dan tidak mendiskriminasi
Jumlah Halaman | 176 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Luxima Metro Media |
Tahun Terbit | 2013 |
ISBN | 978-602-268-013-0 |
eISBN | 978-602-268-405-3 |