Sinopsis Buku: Buku *Model I-Teach (Inclusive Teaching) bagi Guru PAUD* ini merupakan panduan praktis dan komprehensif bagi para guru pendidikan anak usia dini dalam penyelenggaraan pembelajaran di kelas inklusi. Buku ini disusun dengan tujuan untuk membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola kelas yang inklusif, khususnya bagi anak-anak berkebutuhan khusus seperti Speech Delays, ADHD, Keterlambatan Motorik, dan Down Syndrome. Buku ini mencakup informasi mengenai filosofi pendidikan inklusi, prinsip dasar penyelenggaraan pendidikan inklusi, serta sistem dukungan yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Selain itu, buku ini juga menyajikan berbagai model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam lingkungan kelas inklusi, termasuk pengembangan lingkungan belajar yang ramah dan mendukung. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan berbagai contoh kegiatan belajar, penataan kelas inklusi, media pembelajaran yang relevan, serta penyesuaian lingkungan belajar untuk memenuhi kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Buku ini juga menjelaskan langkah-langkah pembelajaran berdasarkan model I-Teach, serta contoh rencana pelaksanaan pembelajaran harian yang dapat dijadikan acuan oleh para guru. Dengan berbagai informasi dan panduan yang disajikan, buku ini diharapkan dapat menjadi acuan yang bermanfaat bagi para guru PAUD dalam mewujudkan pendidikan inklusi yang berkualitas dan berkelanjutan.
Pengajaran inklusi atau inclusive teaching tidak terlepas dari proses pendidikan itu sendiri di mana inclusive teaching menggambarkan berbagai pendekatan pengajaran yang mempertimbangkan beragam kebutuhan dan latar belakang semua anak untuk menciptakan lingkungan belajar sehingga semua siswa merasa dihargai dan memiliki akses yang sama untuk belajar Namun bukan hal yang mudah bagi guru untuk mengelola kelas dengan berbagai keragaman termasuk di dalamnya anak yang membutuhkan layanan khusus Oleh karena itu diperlukan model pengajaran yang dapat memandu guru dalam merancang program pengembangan untuk anak berkebutuhan khusus Model Inclusive Teaching I Teach merupakan model pengajaran yang diperuntukkan bagi guru yang mengajar di kelas inklusif di mana proses pembelajaran di dalamnya melibatkan kehadiran dan partisipasi dari anak dengan kebutuhan khusus Proses pembelajaran dengan model I Teach ini dilaksanakan secara terpadu dengan tematik atau berbasis tema Adapun proses pembelajaran yang dikembangkan meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi yang dilaksanakan secara holistik integratif oleh guru dengan menggunakan model pendekatan pembelajaran area sentra Model I Teach dirancang melalui kegiatan aktivitas kedatangan welcome activity dalam bentuk kegiatan fisik motorik kegiatan pengembangan khusus sesuai dengan spesifikasi dalam bentuk kegiatan main dan kegiatan pembiasaan life skills
Jumlah Halaman | 131 |
---|---|
Kategori | Pendidikan Anak Usia Dini( PAUD ) |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-384-119-1 |
eISBN | 978-623-384-120-7 |