Sinopsis Buku: Buku ini merupakan kumpulan karya ilmiah yang menggambarkan berbagai inovasi dan pendekatan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat Sekolah Dasar (SD). Dalam buku ini, para penulis menjelaskan berbagai metode dan media pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan berbicara, menulis, dan berpikir kritis siswa. Beberapa metode yang dibahas meliputi sosiodrama, pembelajaran bermain peran, metode MOB (Mystery of the Box), serta penggunaan media seperti boneka tangan dan permainan tradisional untuk melatih keterampilan motorik dan kemampuan berbicara. Selain itu, buku ini juga membahas penggunaan media cerita bergambar, permainan monopoli pantun, serta pendekatan sugesti dan imajinasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui media iklan. Buku ini bertujuan untuk memberikan inspirasi dan referensi bagi para pendidik, guru, dan calon guru dalam merancang pembelajaran yang kreatif, menyenangkan, dan efektif. Dengan pendekatan yang beragam dan berbasis media, buku ini berharap dapat membuka kemungkinan baru dalam pengembangan kemampuan bahasa siswa dan meningkatkan minat belajar mereka.
Seorang calon guru sekolah dasar tidak hanya dituntut untuk terus belajar tetapi juga harus memiliki wawasan dan keterampilan untuk membuat pembelajaran menjadi menarik dan berkesan salah satunya adalah wawasan tentang model pembelajaran dan keterampilan dalam membuat media pembelajaran Buku ini merupakan kumpulan tulisan mahasiswa semester satu Universitas Nahdlatul Ulama Blitar guna memenuhi tugas akhir mata kuliah
Jumlah Halaman | 153 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Scopindo Media Pustaka |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-365-155-4 |
eISBN | 978-623-365-170-7 |