Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan strategi pembelajaran dalam konteks pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT), khususnya dalam lingkungan *mobile ubiquitous learning* (MUL). Penulis mengupas peran perangkat mobile sebagai alat pendukung dalam proses belajar yang bersifat *ubiquitous*, yaitu belajar yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Dalam buku ini, penulis menjelaskan teori belajar yang mendukung pendekatan MUL, seperti teori konstruktivisme, yang menekankan peran aktif peserta belajar dalam penyusunan pengetahuan melalui pengalaman, kolaborasi, dan refleksi. Selain itu, buku ini juga menyoroti pentingnya *electronic learning* (e-learning) sebagai bentuk pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar. Penulis menjelaskan manfaat, kriteria kualitas, serta tantangan dalam implementasi e-learning. Dalam konteks pengelolaan diri dalam belajar, buku ini menjelaskan konsep, karakteristik, dan komponen pengelolaan diri yang diperlukan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar. Buku ini juga mengkritik pendekatan pembelajaran berbasis behavioristik yang cenderung monoton dan menghambat kreativitas, serta menawarkan pendekatan konstruktivisme sebagai alternatif yang lebih efektif dalam memfasilitasi proses belajar yang mendalam dan berkelanjutan. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi penting bagi pendidik, pengelola pembelajaran, dan calon pengajar dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif dan berbasis teknologi.
Buku ini akan mengulas tentang Mobile Ubiquitous Learning Kajian Pengelolaan Diri dalam Belajar Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Secara detail dan rinci akan dibahas di dalamnya
Jumlah Halaman | 146 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2023 |
ISBN | 978-623-495-398-5 |
eISBN | proses |