Buku ini memaparkan praktik mind mapping pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sekaligus menunjukkan model mind mapping yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Adapun langkah yang dilakukan dalam mempraktikkan mind mapping dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam meliputi pertama penentuan terhadap topik di mana topik dalam hal ini berupa materi yang tengah dipelajara itu sendiri Kedua penulisan poin penting dari topik itu sendiri di mana poin penting yang dimaksud adalah seluruh gagasan yang menyangkut topik tersebut Ketiga penulisan terhadap kata kunci yang relevan Keempat persiapan akan media maupun peralatan Kelima mulai membuat mind mapping dengan menghubungkan setiap poin Keenam pemberian gambar ilustrasi Ketujuh pemberian catatan kecil yang diperlukan Penerapan mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Model mind mapping yang meningkatkan motivasi belajar peserta didik meliputi model silabus model bab dan model paragaraf Ketiga model tersebut sama sama mengantarkan motivasi belajar peserta didik pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Buku ini memaparkan praktik mind mapping pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sekaligus menunjukkan model mind mapping yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Adapun langkah yang dilakukan dalam mempraktikkan mind mapping dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam meliputi pertama penentuan terhadap topik di mana topik dalam ...hal ini berupa materi yang tengah dipelajara itu sendiri Kedua penulisan poin penting dari topik itu sendiri di mana poin penting yang dimaksud adalah seluruh gagasan yang menyangkut topik tersebut Ketiga penulisan terhadap kata kunci yang relevan Keempat persiapan akan media maupun peralatan Kelima mulai membuat mind mapping dengan menghubungkan setiap poin Keenam pemberian gambar ilustrasi Ketujuh pemberian catatan kecil yang diperlukan Penerapan mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Model mind mapping yang meningkatkan motivasi belajar peserta didik meliputi model silabus model bab dan model paragaraf Ketiga model tersebut sama sama mengantarkan motivasi belajar peserta didik pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam