Sinopsis Buku: Buku ini mengupas tuntas tentang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan pendekatan inovatif berbasis *Mind Map* yang dirancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Buku ini berisi penjelasan lengkap mengenai pengertian, tujuan, dan ruang lingkup mata pelajaran IPS, serta konsep interaksi sosial dan lembaga sosial yang menjadi fokus utama dalam pembelajaran. Dalam buku ini, pembaca akan memahami bagaimana *Mind Map* dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar IPS untuk membuat materi lebih mudah dipahami, diingat, dan diterapkan. Penulis juga menyajikan langkah-langkah mudah dalam membuat *Mind Map* yang bisa diterapkan oleh guru maupun siswa. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan contoh *Mind Map*, gambar kegiatan pembelajaran, dan dokumentasi pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMP Negeri 13 Kota Bogor. Buku ini juga memberikan refleksi dan evaluasi hasil belajar siswa, serta rekapitulasi data observasi yang mendukung keberhasilan pembelajaran berbasis *Mind Map*. Dengan pendekatan yang terstruktur dan praktis, buku ini menjadi panduan yang komprehensif bagi guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui pemanfaatan *Mind Map* sebagai alat pembelajaran yang efektif dan kreatif.
Sekarang ini pemetaan pikiran sudah diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan baik dalam dunia pekerjaan aktivitas harian maupun dalam dunia pendidikan Dalam dunia pendidikan Mind Map sudah sering digunakan sebagai tehnik menyimpan informasi yang didapat peserta didik melalui ringkasan yang efektif Setiap potongan informasi yang dimasukan dalam pikiran secara otomatis dikaitkan dengan semua informasi yang sudan ada sebelumnya Mind Map membantu peserta didik belajar menyusun dan menyimpan sebanyak mungkin informasi yang diinginkan dan mengelompokkannya secara alami serta memberi akses secara langsung dan mudah Diterapkan dalam bidang apapun Mind Map memiliki kesamaan Semua menggunakan warna memiliki struktur alami yang memancar dari pusat Mind Map menggunakan garis melengkung simbol kata dan gambar yang sesuai dengan cara kerja otak Kelebihan dari model Mind Map adalah memudahkan peserta didik mengingat dan memanggil kembali informasi yang sudah didapat dengan maksimal Untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang apa mengapa dan bagaimana strategi Mind Map digunakan dalam mata pelajaran IPS Anda tidak salah telah memiliki buku ini Selamat mencoba
| Jumlah Halaman | 86 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2019 |
| ISBN | 978-623-248-391-0 |
| eISBN |