Sinopsis Buku: Buku ini mengupas tuntas tentang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan pendekatan inovatif berbasis *Mind Map* yang dirancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Buku ini berisi penjelasan lengkap mengenai pengertian, tujuan, dan ruang lingkup mata pelajaran IPS, serta konsep interaksi sosial dan lembaga sosial yang menjadi fokus utama dalam pembelajaran. Dalam buku ini, pembaca akan memahami bagaimana *Mind Map* dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar IPS untuk membuat materi lebih mudah dipahami, diingat, dan diterapkan. Penulis juga menyajikan langkah-langkah mudah dalam membuat *Mind Map* yang bisa diterapkan oleh guru maupun siswa. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan contoh *Mind Map*, gambar kegiatan pembelajaran, dan dokumentasi pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMP Negeri 13 Kota Bogor. Buku ini juga memberikan refleksi dan evaluasi hasil belajar siswa, serta rekapitulasi data observasi yang mendukung keberhasilan pembelajaran berbasis *Mind Map*. Dengan pendekatan yang terstruktur dan praktis, buku ini menjadi panduan yang komprehensif bagi guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui pemanfaatan *Mind Map* sebagai alat pembelajaran yang efektif dan kreatif.
Sinopsis Buku: Buku ini mengupas tuntas tentang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan pendekatan inovatif berbasis *Mind Map* yang dirancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Buku ini berisi penjelasan lengkap mengenai pengertian, tujuan, dan ruang lingkup mata pelajaran IPS, serta konsep interaksi sosial dan lembaga sosial yang menjadi fokus utama dalam pembelajaran. Dalam buku ini, pembaca akan memahami bagaimana *Mind Map* dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar IPS untuk membuat materi lebih mudah dipahami, diingat, dan diterapkan. Penulis juga menyajikan langkah-langkah mudah dalam membuat *Mind Map* yang bisa diterapkan oleh guru maupun siswa. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan contoh *Mind Map*, gambar kegiatan pembelajaran, dan dokumentasi pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMP Negeri 13 Kota Bogor. Buku ini juga memberikan refleksi dan evaluasi hasil belajar siswa, serta rekapitulasi data observasi yang mendukung keberhasilan pembelajaran berbasis *Mind Map*. Dengan pendekatan yang terstruktur dan praktis, buku ini menjadi panduan yang komprehensif bagi guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui pemanfaatan *Mind Map* sebagai alat pembelajaran yang efektif dan kreatif.
Jumlah Halaman | 86 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-248-391-0 |
eISBN |