Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara komprehensif tentang konsep, teori, dan praktik pembelajaran mikro (micro teaching), yang merupakan salah satu metode pengajaran yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan guru. Pembelajaran mikro dirancang untuk melatih calon guru dalam mengembangkan keterampilan mengajar secara efektif, terutama dalam lingkungan kelas yang terbatas waktu dan ruang. Buku ini menekankan pentingnya pembelajaran mikro sebagai bekal dasar bagi tenaga pendidik profesional, terutama dalam rangka meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi pedagogik guru. Isi buku mencakup berbagai topik penting seperti karakteristik dan prinsip-prinsip pembelajaran mikro, prosedur umum pembelajaran, perencanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran mikro, serta keterampilan dasar mengajar. Selain itu, buku ini juga menyediakan contoh format rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan langkah-langkah pengembangannya. Buku ini cocok sebagai sumber referensi bagi mahasiswa pendidikan, dosen, dan calon guru yang ingin meningkatkan kemampuan mengajar melalui pendekatan pembelajaran mikro.
Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi peran guru dan dosen semakin dirasakan Guru dan dosen berada di posisi sentral dalam usaha pencapaian tujuan pembelajaran Kompleksitas profesi guru dan dosen mengharuskan penguasaan berbagai kempetensi dan keterampilan salah satunya adalah keterampilan dasar mengajar yang termasuk ke dalam wilayah kompetensi pedagogik Menyadari akan kompleksitas profesi guru dan dosen serta perkembangan teknologi informasi dan tuntutan profesi di masa depan maka pihak perguruan tinggi sebagai lembaga yang menghasilkan tenaga pendidik profesional perlu berbenah diri sehubungan dengan rendahnya mutu dan kreativitas tenaga pendidik Upaya yang dapat dilakukan adalah mempersiapkan tenaga pendidik profesional melalui pembelajaran mikro micro teaching sebagai bekal dasar Saat ini pembelajaran mikro di berbagai perguruan tinggi umumnya mengadopsi model Standford yang dikembangkan oleh Dwight Allen pada tahun 1963 Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi informasi dan komunikasi ICT me mungkinkan untuk dikembangkan sesuai dengan kondisi kekinian untuk menyelesai kan sejumlah persoalan dalam pembelajaran mikro Buku ini ditujukan sebagai buku pendukung beberapa perguruan tinggi dimana penulis mengampu mata kuliah micro teaching baik dari sisi konten maupun fisik Selain itu buku ini juga dapat menjadi referensi umum perguruan tinggi keagamaan atau perguruan tinggi umum yang menaruh minat terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Penulis berharap buku ini dapat menjadi sumber bacaan mahasiswa guru maupun dosen
Jumlah Halaman | 231 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-328-567-4 |
eISBN | Proses |