Logo Bacabuku
Mewujudkan Pembelajaran IPS Yang Seru dan Menyenangkan

Mewujudkan Pembelajaran IPS Yang Seru dan Menyenangkan

Ahmad Syaihu
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku *Mewujudkan Pembelajaran IPS yang Seru dan Menyenangkan* adalah karya yang ditulis oleh Drs. Ahmad Syaihu, seorang guru MTsN 4 Kota Surabaya. Buku ini bertujuan untuk mengubah persepsi masyarakat bahwa pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah pelajaran yang membosankan, hapalan, dan kurang penting karena tidak diujikan dalam Ujian Nasional (UN). Penulis menekankan bahwa pembelajaran IPS dapat menjadi pengalaman yang menarik, interaktif, dan bermanfaat bagi perkembangan kemampuan intelektual dan emosional siswa. Dalam buku ini, penulis membagikan pengalaman praktisnya selama puluhan tahun dalam mengajar IPS. Pembelajaran yang diusung berlandaskan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL), yang memungkinkan siswa mengaitkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata mereka. Pendekatan ini melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif, serta mengaktifkan siswa dalam proses belajar melalui berbagai metode seperti metode inkuiri, presentasi, cerita siswa, sosiodrama, permainan, dan karya portofolio. Selain itu, buku ini juga mengusulkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) yang melibatkan kegiatan langsung dan interaksi siswa dengan lingkungan sekitar. Penulis berharap buku ini dapat menjadi referensi bagi para guru dan pembaca, serta memberikan inspirasi dalam menciptakan pembelajaran IPS yang lebih seru, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku *Mewujudkan Pembelajaran IPS yang Seru dan Menyenangkan* adalah karya yang ditulis oleh Drs. Ahmad Syaihu, seorang guru MTsN 4 Kota Surabaya. Buku ini bertujuan untuk mengubah persepsi masyarakat bahwa pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah pelajaran yang membosankan, hapalan, dan kurang penting karena tidak diujikan dalam Ujian Nasional (UN). Penulis menekankan bahwa pembelajaran IPS dapat menjadi pengalaman yang menarik, interaktif, dan bermanfaat bagi perkembangan kemampuan intelektual dan emosional siswa. Dalam buku ini, penulis membagikan pengalaman praktisnya selama puluhan tahun dalam mengajar IPS. Pembelajaran yang diusung berlandaskan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL), yang memungkinkan siswa mengaitkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata mereka. Pendekatan ini melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif, serta mengaktifkan siswa dalam proses belajar melalui berbagai metode seperti metode inkuiri, presentasi, cerita siswa, sosiodrama, permainan, dan karya portofolio. Selain itu, buku ini juga mengusulkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) yang melibatkan kegiatan langsung dan interaksi siswa dengan lingkungan sekitar. Penulis berharap buku ini dapat menjadi referensi bagi para guru dan pembaca, serta memberikan inspirasi dalam menciptakan pembelajaran IPS yang lebih seru, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa.

Detail Buku

Jumlah Halaman 190
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Cipta Media Edukasi
Tahun Terbit 2018
ISBN 978-602-478-514-7
eISBN
Mewujudkan Pembelajaran IPS Yang Seru dan Menyenangkan

Mewujudkan Pembelajaran IPS Yang Seru dan Menyenangkan

Ahmad Syaihu