Sinopsis Buku: Buku *Metodologi Pengajaran* ini merupakan panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek penting dalam proses belajar mengajar. Buku ini terdiri dari tujuh bab yang saling terkait dan meliputi konsep dasar perencanaan pembelajaran, teori belajar, keterampilan mengajar, metode pembelajaran, model pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Bab 1 membahas pendahuluan mengenai pentingnya peran guru dalam proses pendidikan, baik formal, informal, maupun nonformal. Bab 2 menjelaskan konsep dasar perencanaan pembelajaran, termasuk komponen dan prinsip-prinsip penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Bab 3 memperkenalkan berbagai teori belajar, seperti teori behavioristik, kognitivistik, dan humanistik, yang menjadi dasar dalam merancang strategi pembelajaran. Bab 4 berfokus pada keterampilan dasar mengajar, seperti menjelaskan, memberikan penguatan, membimbing diskusi, serta membuka dan menutup pelajaran. Bab 5 menjelaskan berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, sedangkan Bab 6 membahas berbagai model pembelajaran yang relevan dalam konteks pendidikan. Terakhir, Bab 7 memberikan penjelasan mengenai evaluasi pembelajaran, termasuk tujuan, jenis, dan cara mengembangkan evaluasi yang efektif. Buku ini dirancang untuk menjadi sumber referensi bagi para guru, pendidik, dan calon pendidik yang ingin meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam mengelola proses belajar mengajar secara profesional. Dengan berbagai konsep dan strategi yang disampaikan, buku ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
Mengajar menuntut seseorang melakukan serangkaian proses dan kegiatan Proses tersebut dimulai dari perencanaan pembelajaran penguasaan delapan keterampilan mengajar pemilihan model dan metode belajar sampai dengan evaluasi pembelajaran Dari berbagai tahapan ini menuntut seseorang yang akan mengajar menguasai konsep metodologi dan teori pengajaran sehingga pembelajaran yang tercipta berlangsung secara dinamis aktif dan sesuai dengan target atau tujuan yang sudah ditetapkan Untuk itu dibutuhkan strategi berupa keahlian dan seni mengajar sehingga tercipta suasana nyaman dalam mengajar Menurut UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen sudah dinyatakan bahwa guru dan dosen merupakan profesi yang profesional Oleh sebab itu seorang guru dan dosen harus memiliki kualifikasi akademik dan keterampilan mengajar yang memadai Artinya seorang guru dan dosen menjadi elemen penting dalam proses transfer pengetahuan pembentukan sikap dan pengembangan keterampilan Sebagai alternatif untuk guru dan dosen dalam mempersiapkan mengolah melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran buku ini mengupas tentang proses pengajaran yang dimulai dari perencanaan pengajaran pemilihan model dan metode pembelajaran penguasaan delapan keterampilan mengajar teori teori belajar sampai dengan evaluasi belajar
Jumlah Halaman | 229 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-217-505-6 |
eISBN | proses |