Sinopsis Buku: Buku *Metodologi Penelitian Pendidikan (Pengantar Ringkas)* ini merupakan panduan praktis dan komprehensif bagi para mahasiswa, dosen, dan peneliti dalam memahami dan menerapkan pendekatan ilmiah dalam penelitian pendidikan. Buku ini dirancang untuk menjadi referensi yang mudah diakses, terutama bagi mereka yang sedang mengembangkan kemampuan metodologi penelitian dalam konteks pendidikan. Buku ini terdiri dari empat bagian utama. Bagian pertama membahas tentang pendekatan ilmiah dalam penelitian pendidikan, termasuk definisi pendekatan ilmiah, cara memperoleh pengetahuan, serta bagaimana melakukan penelitian pendidikan dengan metode ilmiah yang tepat. Bagian kedua fokus pada penelitian kuantitatif, yang mencakup jenis-jenis penelitian seperti korelasional, ex-post facto, dan eksperimental. Bagian ketiga membahas penelitian kualitatif, termasuk penelitian deskriptif, analisis isi, studi kasus, serta etnografi pembelajaran. Terakhir, bagian keempat membahas penelitian gabungan (mixed methods), termasuk penelitian tindakan kelas dan penelitian pengembangan (R&D). Selain itu, buku ini juga menjelaskan berbagai aspek penting dalam penelitian, seperti pengembangan ide, kebaruan penelitian, tinjauan literatur, instrumen penelitian, validitas dan reliabilitas, analisis data, serta uji hipotesis. Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang jelas dan terstruktur tentang berbagai metode penelitian pendidikan, serta membantu pembaca dalam merancang dan melaksanakan penelitian yang ilmiah dan relevan dengan konteks pendidikan. Dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, buku ini menjadi sarana yang efektif untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan metodologi penelitian pendidikan. Semoga buku ini dapat menjadi acuan yang bermanfaat bagi para pembaca dalam menjalani proses penelitian pendidikan secara lebih profesional dan sistematis.
Secara umum buku yang berada di hadapan pembaca berisi tentang seluk beluk penelitian pendidikan serupa padu padan konten materi metodologi penelitian pendidikan seperti yang telah ditegaskan oleh Lodico et al Cohen et al Best Kahn 2006 Fraenkel et al Ary et al Creswell Bogdan Biklen Sugiyono 2018 Arikunto 2015 Emzir 2013 dan sumber sumber lain yang mendukung secara teori dan praksis empiris Pada bagian pertama yang memuat pengantar terdiri dari pendekatan ilmiah dalam penelitian pendidikan novelty
Jumlah Halaman | 324 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Garudhawaca |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-422-041-4 |
eISBN | 978-623-422-042-1 |