Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dan terstruktur bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) serta mahasiswa Prodi lain di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dalam melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Buku ini terdiri dari tiga bagian utama yang membahas secara mendalam berbagai aspek kunci dalam penelitian pendidikan. Bagian pertama membahas tentang dasar-dasar penelitian pendidikan, termasuk siapa yang perlu meneliti, hakikat penelitian, apa yang diteliti, tujuan dan manfaat penelitian, serta fungsi penelitian dalam pendidikan. Bagian kedua fokus pada perumusan masalah penelitian, sumber data, variabel penelitian, serta teknik pengambilan sampel dan penelitian kasus. Bagian ketiga membahas metode pengumpulan dan analisis data, serta menyajikan panduan tentang cara menyusun proposal dan laporan hasil penelitian tindakan kelas yang aplikatif dalam konteks pendidikan anak usia dini. Dengan adanya buku ini, diharapkan mahasiswa dan praktisi pendidikan dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan yang memadai untuk mengembangkan kualitas penelitian tindakan kelas dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar anak usia dini. Buku ini juga menjadi rujukan yang bermanfaat bagi para pendidik dalam merancang dan melaksanakan kegiatan penelitian yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran di taman kanak-kanak.
Karakteristik dan perkembangan psikologi yang khas membuat proses belajar dan mengajar bagi anak usia dini menjadi khusus Kekhususan tersebut tak hanya terletak dalam ragam aktivitas yang digunakan sebagai media menyampaikan pelajaran seperti bermain bernyanyi menggunting dan menyusun balok tetapi juga dalam metode asesmen dan penelitian Dalam kaitan khusus tersebutlah buku ini berbicara lugas tentang metodologi penelitian bagi anak usia dini dalam tiga bagian bagian awal buku ini menyajikan pengantar penelitian pendidikan secara umum di bagian kedua pengantar penelitian kelas dan langkah demi langkah penyusunan proposal penelitian Dan bagian ketiga sebagai penutup aplikasi penelitian tindakan kelas dan bagaimana menyusun laporan hasil penelitian
Jumlah Halaman | 176 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-602-9413-95-3 |
eISBN | 978-602-422-831-6 |