Sinopsis Buku: Buku *Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method, dan Research and Development* ini merupakan panduan komprehensif yang ditujukan bagi para peneliti, khususnya mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir atau penelitian ilmiah. Buku ini menjelaskan secara mendetail tentang paradigma penelitian, termasuk perbedaan antara paradigma positivistik, postpositivistik, konstruktivistik sosial, partisipatoris, dan pragmatis. Selain itu, buku ini juga membahas berbagai metode penelitian yang umum digunakan dalam bidang pendidikan, seperti metode kuantitatif, kualitatif, mixed method, serta Research and Development (R&D). Buku ini tidak hanya menjelaskan tahapan penelitian secara sistematis, melainkan juga memberikan contoh desain penelitian dan model pengolahan data dari berbagai jenis metode penelitian. Penulis berusaha menjawab tantangan yang sering dihadapi oleh peneliti pemula dalam memilih metode penelitian, merumuskan masalah, dan mengumpulkan serta menganalisis data. Dengan buku ini, para peneliti diharapkan dapat meningkatkan kualitas penelitian mereka, baik dalam struktur maupun hasil yang dihasilkan. Buku ini juga dilengkapi dengan penjelasan tentang filsafat penelitian yang mendasari setiap paradigma dan metode, sehingga membantu pembaca memahami konsep-konsep dasar yang mendorong proses penelitian ilmiah. Dengan pendekatan yang jelas, sistematis, dan praktis, buku ini menjadi acuan yang sangat bermanfaat bagi para akademisi, mahasiswa, dan pendidik dalam upaya pengembangan penelitian di bidang pendidikan.
Buku yang ada di tangan pembaca ini hendak menghadirkan
Jumlah Halaman | 295 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Madani |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-602-0899-80-0 |
eISBN | proses |