Logo Bacabuku
Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus

Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus

Muh. Fitrah; Luthfiyah
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan karya tulis yang ditulis dengan tujuan untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, serta Pengabdian pada Masyarakat. Buku ini juga ditujukan untuk mendukung pengembangan lembaga pendidikan, khususnya Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima, dalam memenuhi tuntutan akreditasi berbagai program studi, seperti Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Ekonomi Syari’ah, dan Hukum Keluarga. Buku ini membahas metodologi penelitian dengan fokus pada tiga pendekatan utama: *Penelitian Kualitatif*, *Tindakan Kelas*, dan *Studi Kasus*. Penelitian kualitatif dirumuskan sebagai pendekatan yang berupaya memahami gejala atau fenomena dalam konteks alaminya, dengan fokus pada interpretasi dan makna yang dilekatkan oleh manusia terhadap objek penelitian. Pendekatan ini menggunakan berbagai metode seperti wawancara, studi kasus, pengalaman pribadi, teks-teks historis, dan data empiris yang berasal dari kehidupan sehari-hari. Selain itu, buku ini juga menjelaskan konsep *Tindakan Kelas*, yang merupakan pendekatan penelitian yang melibatkan intervensi dan evaluasi terhadap proses pembelajaran, serta *Studi Kasus*, yang digunakan untuk menganalisis fenomena yang terjadi dalam konteks tertentu secara mendalam. Dengan menggabungkan teori dan praktek, buku ini diharapkan menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi dosen, mahasiswa, serta peneliti dalam memperkaya pemahaman mereka tentang metodologi penelitian kualitatif dan pendekatan terkait lainnya.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan karya tulis yang ditulis dengan tujuan untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, serta Pengabdian pada Masyarakat. Buku ini juga ditujukan untuk mendukung pengembangan lembaga pendidikan, khususnya Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima, dalam memenuhi tuntutan akreditasi berbagai program studi, seperti Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Ekonomi Syari’ah, dan Hukum Keluarga. Buku ini membahas metodologi penelitian dengan fokus pada tiga pendekatan utama: *Penelitian Kualitatif*, *Tindakan Kelas*, dan *Studi Kasus*. Penelitian kualitatif dirumuskan sebagai pendekatan yang berupaya memahami gejala atau fenomena dalam konteks alaminya, dengan fokus pada interpretasi dan makna yang dilekatkan oleh manusia terhadap objek penelitian. Pendekatan ini menggunakan berbagai metode seperti wawancara, studi kasus, pengalaman pribadi, teks-teks historis, dan data empiris yang berasal dari kehidupan sehari-hari. Selain itu, buku ini juga menjelaskan konsep *Tindakan Kelas*, yang merupakan pendekatan penelitian yang melibatkan intervensi dan evaluasi terhadap proses pembelajaran, serta *Studi Kasus*, yang digunakan untuk menganalisis fenomena yang terjadi dalam konteks tertentu secara mendalam. Dengan menggabungkan teori dan praktek, buku ini diharapkan menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi dosen, mahasiswa, serta peneliti dalam memperkaya pemahaman mereka tentang metodologi penelitian kualitatif dan pendekatan terkait lainnya.

Detail Buku

Jumlah Halaman 234
Kategori Pendidikan
Penerbit CV JEJAK
Tahun Terbit 2018
ISBN 978-602-5455-32-2
eISBN 978-602-474-288-1
Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus

Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus

Muh. Fitrah; Luthfiyah