Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang metodologi pembelajaran IPA yang disusun secara terpadu dan sesuai dengan kurikulum 2013. Buku ini bertujuan memberikan panduan yang komprehensif bagi calon guru, guru, dan praktisi pendidikan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran IPA yang efektif dan bermakna. Buku ini mencakup berbagai aspek penting seperti hakikat IPA, konsep belajar IPA, peran guru dalam pembelajaran IPA, serta berbagai strategi dan metode pembelajaran yang dapat diterapkan, seperti pembelajaran induktif, deduktif, ceramah, diskusi, demonstrasi, simulasi, eksperimen, dan metode pembelajaran berbasis virtual laboratory. Selain itu, buku ini juga memberikan informasi mengenai miskonsepsi IPA yang umum terjadi pada peserta didik SD dan SMP, sehingga dapat menjadi acuan bagi guru dalam menyampaikan materi IPA secara tepat dan efektif. Buku ini merupakan referensi yang relevan dan praktis bagi pendidik yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Pembelajaran IPA untuk peserta didik SMP dikembangkan sebagai intergative science bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu Oleh karena itu diperlukan seni penataan kelas supaya menghasilkan powerful learner yang memiliki karakter kuat sebagai insan kamil karena pada dasarnya pembelajaran IPA merupakan seni yang unik dalam mendidik seorang individu dalam memahami IPA dan menerapkannya dalam kehidupan mereka Untuk menjembatani hal tersebut buku ini memberikan panduan dalam proses pembelajaran IPA di SMP MTs Buku ini sangat bermanfaat bagi para calon guru guru maupun praktisi IPA SMP karena mampu menciptakan bangunan IPA sebagai IPA tematik integratif Proses pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 yang berbentuk integrative science dalam buku ini disusun berdasarkan Kompetensi Inti KI dan Kompetensi Dasar KD dalam tema tertentu yang integrative dan pembahasannya dalam proses pembelajaran dilakukan secara menyatu
Jumlah Halaman | 279 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-217-404-2 |
eISBN | proses |