Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial*, yang dikembangkan oleh Dr. Dedih Wahyudin, M.Ag. Buku ini merupakan referensi utama bagi para pendidik, mahasiswa, dan pembelajar bahasa Arab yang ingin memahami pendekatan pembelajaran yang sistematis dan berbasis teori. Pembelajaran Bahasa Arab dalam buku ini didasarkan pada konsep *Teori Unit* yang menyatakan bahwa bahasa Arab dapat dipelajari secara terstruktur melalui unit-unit kecil yang saling terkait, dan juga melalui pendekatan *Parsial*, yaitu pembelajaran yang fokus pada aspek-aspek tertentu dari bahasa Arab seperti tata bahasa, kosakata, dan keterampilan berbicara. Pendekatan ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab secara efektif dan efisien. Buku ini juga mencakup berbagai metode dan strategi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kelas, termasuk penggunaan teknik pengajaran berbasis teks, penggunaan media, dan penilaian yang komprehensif. Selain itu, buku ini menyajikan contoh-contoh praktis, latihan, dan analisis terhadap materi bahasa Arab yang relevan dengan teori dan prinsip yang dijelaskan. Dengan pendekatan yang terstruktur dan ilmiah, buku ini memberikan panduan yang jelas dan terukur dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan pemahaman bahasa Arab, baik untuk pemula maupun untuk yang ingin memperdalam pengetahuan dan keterampilan berbahasa Arab.
Pembelajaran bahasa Arab hingga kini masih menyisakan masalah yang belum terselesaikan baik dari sisi metode teknik maupun bahan ajar yang sesuai dengan target dan tujuan pembelajaran bahasa Arab itu sendiri Banyak inovasi dalam berbagai bidang bahasa