Salah satu tantangan terbesar pihak sekolah di masa pandemi ini adalah bagaimana mencari format layanan pendidikan yang ideal agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien Tentu ini menjadi pekerjaan rumah tersendiri mengingat belum adanya pakem yang dapat menjadi kiblat dalam mengelola layanan sekolah khususnya dalam mengelola layanan pembelajaran daring Mengelola layanan pendidikan di masa pandemi tentu memiliki tantangan tersendiri Sebab tipikalnya lebih mengarah kepada self service yang berarti bahwa kesuksesan layanan pendidikan sangat tergantung dari input dari masing masing individu Persoalannya adalah input dari setiap individu penyedia jasa layanan pendidikan itu berbeda beda Bagi mereka yang aktif kreatif dan mampu tune in atau beradaptasi dengan cepat maka ini adalah modal yang sangat berharga Sebaliknya bagi individu yang resisten apatis pasrah dan tidak memiliki kemapuan literasi teknologi yang baik maka sesungguhnya inilah yang menjadi batu sandungan terhadap optimalisasi layanan pendidikan di masa pandemi Buku ini hadir menjadi solusi kepada penyelenggara satuan pendidikan guru dan kepala sekolah sebagai ikhtiar dalam mengelola layanan pendidikan dan pembelajaran Penulis menawarkan metode Rafli yang merupakan akronim dari Readiness Availaibility Facilitating Leadership dan Innovativeness Metode ini juga telah dilakukan uji publik pada kegiatan Focus Group Discussion yang melibatkan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi se Indonesia akademisi dan pakar pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia guru guru kepala sekolah dan dari pihak Dinas Pendidikan Kota Bandung Hasilnya metode Rafli ini mendapatkan akseptabilitas publik yang sangat baik Salah satu tantangan terbesar pihak sekolah di masa pandemi ini adalah bagaimana mencari format layanan pendidikan yang ideal agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien Tentu ini menjadi pekerjaan rumah tersendiri mengingat belum adanya pakem yang dapat menjadi kiblat dalam mengelola layanan sekolah khususnya dalam mengelola layanan pembelajaran daring ...Mengelola layanan pendidikan di masa pandemi tentu memiliki tantangan tersendiri Sebab tipikalnya lebih mengarah kepada self service yang berarti bahwa kesuksesan layanan pendidikan sangat tergantung dari input dari masing masing individu Persoalannya adalah input dari setiap individu penyedia jasa layanan pendidikan itu berbeda beda Bagi mereka yang aktif kreatif dan mampu tune in atau beradaptasi dengan cepat maka ini adalah modal yang sangat berharga Sebaliknya bagi individu yang resisten apatis pasrah dan tidak memiliki kemapuan literasi teknologi yang baik maka sesungguhnya inilah yang menjadi batu sandungan terhadap optimalisasi layanan pendidikan di masa pandemi Buku ini hadir menjadi solusi kepada penyelenggara satuan pendidikan guru dan kepala sekolah sebagai ikhtiar dalam mengelola layanan pendidikan dan pembelajaran Penulis menawarkan metode Rafli yang merupakan akronim dari Readiness Availaibility Facilitating Leadership dan Innovativeness Metode ini juga telah dilakukan uji publik pada kegiatan Focus Group Discussion yang melibatkan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi se Indonesia akademisi dan pakar pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia guru guru kepala sekolah dan dari pihak Dinas Pendidikan Kota Bandung Hasilnya metode Rafli ini mendapatkan akseptabilitas publik yang sangat baik