Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penerapan metode *Problem Solving* berbantuan media informasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode *Problem Solving* merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada kemampuan siswa untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah secara sistematis. Dalam konteks pembelajaran IPS, pendekatan ini dirancang untuk memperkaya pemahaman siswa terhadap berbagai fenomena sosial, sejarah, dan geografi, serta membentuk pola pikir yang kritis, kreatif, dan mandiri. Buku ini juga menjelaskan peran penting media informasi dalam proses pembelajaran, yaitu sebagai alat untuk memperkaya sumber belajar, memfasilitasi pemahaman konsep, dan meningkatkan partisipasi siswa. Media informasi, seperti dokumen, video, dan data statistik, digunakan untuk mendukung proses pemecahan masalah dan pengambilan keputusan berdasarkan bukti dan fakta. Selain itu, buku ini menyajikan hasil penelitian yang menunjukkan efektivitas metode *Problem Solving* berbantuan media informasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini juga memaparkan keterbatasan dalam penerapan metode tersebut, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di SMP. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis bukti, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi guru, calon guru, dan penyelenggara pembelajaran IPS untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa.
Buku ini ditulis berdasarkan tesis berjudul Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII F pada Pembelajaran IPS melalui Metode Problem Solving Berbantuan Media Informasi di SMP Negeri 1 Salaman Kabupaten Magelang yang penulis susun pada saat menempuh pendidikan S 2 di Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2014
Jumlah Halaman | 136 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-93065-9-5 |
eISBN |