Sinopsis Buku: Buku ini membahas penerapan Metode Project Based Learning (PjBL) berbasis Scientific Approach dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian pengembangan sebelumnya yang telah menghasilkan produk berupa buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode PjBL. Buku ini dilatarbelakangi oleh tantangan dan perkembangan global yang semakin kompleks, terutama dalam bidang pendidikan, di mana kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah dan perlu ditingkatkan untuk menghadapi tantangan abad 21 yang ditandai oleh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Buku ini menjelaskan secara rinci tentang populasi dan sampel penelitian, variabel penelitian, definisi operasional variabel, teknik dan instrumen pengumpulan data, validitas dan reliabilitas instrumen, serta teknik analisis data. Selain itu, buku ini juga menyajikan hasil penelitian dan pembahasan, serta menganalisis hasil penelitian secara deskriptif dan inferensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan yang bermutu dan menyeluruh, dengan fokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan berkomunikasi sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang kompetitif dan berkompetensi. Buku ini juga menyertakan daftar pustaka dan profil penulis sebagai tambahan informasi. Dengan mengintegrasikan pendekatan scientific dan metode PjBL, buku ini memberikan panduan dan referensi yang relevan dalam mengembangkan pendidikan yang inovatif dan kreatif sesuai dengan tantangan zaman.
Buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan judul Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach Dengan Metode PjBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Berkomunikasi Siswa yang dilakukan oleh penulis Buku ini berisi uraian tentang Metode PjBL Project Based Learning berbasis Scientific Approach dalam berpikir kritis dan komunikatif bagi siswa yaitu dengan pembelajaran secara langsung melibatkan siswa dalam proses pembelajaran melalui kegiatan penelitian untuk mengerjakan dan menyelesaikan suatu proyek pembelajaran tertentu
Jumlah Halaman | 149 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6233-63-4 |
eISBN |