Logo Bacabuku
Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya

Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya

Prof. H.M. Sukardi, M.Ed., M.S., Ph.D.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara komprehensif metode penelitian pendidikan tindakan kelas, mulai dari prinsip-prinsip dasar hingga implementasi dan pengembangan metode tersebut dalam praktik pembelajaran. Buku ini terdiri dari delapan bab yang berisi materi yang terstruktur dan mudah dipahami, mulai dari pendahuluan, karakteristik penelitian tindakan kelas, desain penelitian, proses pengumpulan data, hingga validitas dan kegiatan dalam penelitian tindakan kelas. Setiap bab dilengkapi dengan latihan soal untuk memperkuat pemahaman pembaca. Buku ini dirancang untuk membantu para pendidik, peneliti, dan mahasiswa dalam menguasai metode penelitian tindakan kelas secara praktis dan terapan, serta mendorong pengembangan ilmu pendidikan dalam konteks pembelajaran yang lebih efektif dan relevan.

Sinopsis ebook

Buku Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya yang sekarang ada di tangan pembaca ini terdiri dari 16 bab Penelitian tindakan sendiri merupakan metode suatu kelompok untuk mengorganisasikan suatu kondisi di mana peneliti bisa mempelajari pengalaman dan membuat pengalaman mereka bisa diakses orang lain Ada tiga kelebihan penelitian tindakan dibandingkan penelitian metode lain yakni peneliti bisa melakukannnya tanpa harus meninggalkan tempat ia bekerja peneliti dapat melakukan perlakuan treatment yang diberikan kepada responden dalam penelitian dan responden bisa merasakan hasil perlakuan yang diberikan Sederhananya penelitian tindakan kelas sendiri memiliki pengertian mencermati kegiatan belajar dengan sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi di sebuah kelas secara bersamaan Yang dimaksud kelas di sini ialah sekelompok peserta didik di tempat yang sama mendapatkan pelajaran yang sama dan pendidik yang sama Tujuan penelitian tindakan kelas sendiri yaitu membantu pendidik mengatasi masalah pembelajaran di kelas meningkatkan sikap profesional pendidik meningkatkan mutu isi proses dan hasil pembelajaran di sekolah serta menumbuhkan budaya akademik di lingkungan sekolah sehingga tercipta suasana proaktif dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan Buku ini dilengkapi dengan uraian yang dijelas dipandu dengan kesimpulan latihan dan glosarium sehingga memudahkan pembaca memahami isinya

Detail Buku

Jumlah Halaman 216
Kategori Metodologi Penelitian
Penerbit Bumi Aksara
Tahun Terbit 2019
ISBN 978-602-217-281-9
eISBN proses
Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya

Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya

Prof. H.M. Sukardi, M.Ed., M.S., Ph.D.